Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD RI Ingin Pemilihan Pimpinan MPR melalui Musyawarah Mufakat
Oleh : Surya
Senin | 06-10-2014 | 14:43 WIB
irman gusman.jpg Honda-Batam
Ketua DPD RI Irman Gusman

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengatakan para Senator periode 2014-2019 akan menyepakati usulan pemilihan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dipilih melalui musyawarah. Oleh karena itu, Irman saat ini tengah berusaha melobi koalisi Merah Putih dan koalisi Indonesia Hebat di parlemen.



"Dari konsolidasi internal sekitar 80-90 persen solid mendukung siapa pun yang diputuskan. Sekarang tim akan bekerja, saya dan juga pimpinan lain dan pimpinan kelompok berbicara dengan kedua kubu itu," ujar Irman di Jakarta, (6/10/2014)

DPD bersama koalisi pendukung Jokowi-JK sebelumnya mengusulkan agar pemilihan pimpinan MPR dilakukan secara musyawarah mufakat. Koalisi Jokowi-JK bahkan memberikan posisi Ketua MPR kepada DPD. Sementara empat kursi wakil ketua MPR akan dibagi rata antara koalisi Jokowi-JK dengan koalisi Merah Putih.

Irman menuturkan, harapan DPD pada pemilihan pimpinan MPR nanti bisa berlangsung kondusif, tidak seperti pemilihan di DPR. Pemilihan pimpinan DPR dilakukan dengan voting sehingga koalisi Indonesia Hebat tidak mendapat kursi pimpinan.

"Sikap kami lebih kedepankan untuk melakukan musyawarah dan hasilkan mufakat untuk pimpinan MPR, tidak terblok antara Koalisi Indonesia Hebat atau Koalisi Merah Putih. Kalau MPR kami coba semaksinal mungkin sehingga tidak ada voting-votingan," ujar dia.

Irman mengaku, DPD belum menyiapkan nama untuk duduk di kursi pimpinan MPR. Menurut dia, saat ini yang difokuskan adalah melakukan lobi ke dua kubu sehingga opsi musyawarah mufakat dengan membawa paket pimpinan bersama bisa diterima.

"Kami sedang intensifkan komunikasi dengan dua kubu. Buat kami, soal kami jadi ketua atau wakil tidak persoalan betul. Saya punya keyakinan tawaran menarik ini bisa diterima semua," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Kelompok DPD di MPR Bambang Sadono di Hotel Crowne, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (5/10) menyatakan ada sembilan nama yang diajukan sebagai calon pimpinan MPR. Sembilan nama tersebut masing-masing berasal dari 3 wilayah geografis Indonesia yaitu wilayah barat, tengah dan timur.

Wilayah barat terdiri dari Abdul Gaffar Usman (Riau), Hudarni Rani (Bangka Belitung), dan Asmawati (Sumatera Selatan). Wilayah Tengah terdiri dari Oesman Sapta (Kalbar), Ahmad Muqowam (Jawa Tengah), AM Fatwa (DKI Jakarta). Serta dari wilayah Indonesia timur diwakili oleh John Piris (Maluku), Hanna Fadel Muhammad (Gorontalo), dan Ajiep Padindang (Sulawesi Selatan).

Editor : Surya