Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasar Baru Tanjungpinang Bakal Direvitalisasi 2015 Mendatang
Oleh : Habibi
Jum'at | 03-10-2014 | 08:40 WIB
lis darmansyah....jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tahun 2015 mendatang, Pasar Baru Kota Tanjungpinang bakal direvitalisasi pemerintah setempat.

Hal tersebut dikatakan oleh Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat dihubungi, Kamis (2/10/20014). Namun kendala yang masih dipikirkannya adalah para pedagang yang menetap dipasar tersebut.

"Memang pertama-tama yang harus kita pikirkan adalah mengalihkan dulu para pedagang yang ada di pasar tersebut. Saya sudah ada tempat tapi masih opsi saja," ujar Lis.

Saat ini, Lis mengatakan, memang Pemko Tanjungpinang sudah memiliki opsi lahan untuk relokasi sementara para pedagang selama pembangunan pasar tersebut berlangsung. Namun, Lis masih enggan menyebutkan dimana lokasi pasti tempat relokasi para pedagang pasar itu nantinya. 

"Tempatnya strategis kok, dekat dengan laut. Lahannya sekitar empat hektar," tuturnya.

Sementara itu, terkait perencanaan pasar baru yang akan direvitalisasi tersebut, Lis mengatakan, nantinya bangunan pasar yang baru tersebut akan memiliki empat lantai. Gedung 4 lantai tersebut nantinya akan difungsikan sebagai tempat berdagang dan lantai atas menjadi lahan parkir.

"Konsepnya Provinsi yang buat. Sekarang ini masih kita minta beberapa revisi dari Provinsi. Intinya ada beberapa penyesuaian. Dan untuk revitalisasi total pasar tersebut sepenuhnya akan dilakukan oleh pihak Provinsi," ujarnya.

Sebagai langkah awal, pada anggaran perubahan tahun 2014 ini Pemerintah Kota Tanjungpinang akan melakukan penyambungkan akses jalan di Pelantar Dua Ujung yang nantinya akan langsung menuju ke pasar.

Selain itu kata Lis, Pemko Tanjungpinang juga tengah merencanakan akan membeli bangunan pasar milik swasta yang letaknya di tengah lokasi pasar yang ada saat ini. 

"Kita sudah ketemu dengan pemiliknya sekitar dua atau tiga minggu yang lalu. Katanya itu mau dijual dan kita sedang melakukan pendekatan," tuturnya.

"Pokoknya 2015 mudah-mudahan ada pasar yang baru, yang lebih luas dan tidak sumpek seperti sekarang ini," ujar Lis. 

Editor: Dodo