Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sanggar Tari Sang Nila Utama Tanjunguban Raih Dua Predikat Terbaik di FSP Nasional
Oleh : Harjo
Selasa | 30-09-2014 | 16:57 WIB
photo_anggota_sanggar_Sangnila_Utama_Bintan_Terbaik_nasional_kategori_penata_tari_dan_artistik.jpg Honda-Batam
Anggota Sanggar Sang Nila Utama Bintan dalam seragam tari.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Sanggar tari Sang Nila Utama Tanjunguban, Bintan, yang mewakili Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), berhasil menyabet prestasi sebagai penata tari terbaik dan artistik terbaik dalam Festival Seni Pertunjukan (FSP) Indonesia.


Pada ajang yang diselenggarakan Kementerian Ekonomi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berhasil meraih dua juara terbaik dari lima kategori yang diperebutkan oleh 20 provinsi.

Lima kategori yang diperebutkan, selain penata tari terbaik dan artistik terbaik, yaitu penata musik terbaik, sutradara terbaik, dan penyaji terbaik.

"Kita meraih dua kategori terbaik dari lima kategori terbaik yang diperebutkan," kata Sutarto, Pembina Sanggar Tari Sang Nila Utama, Selasa (30/9/2014).

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri, Arifin Nasir, mengaku senang atas prestasi yang diraih Sang Nila Utama sebagai perwakilan Kepri pada ajang nasional. "Prestasi yang membanggakan untuk Kepri," kata Arifin.

Pada saat pentas, Sanggar Tari Sang Nilai Utama membawakan tarian berjudul "Nakhoda". Tari itu menggambarkan perjuangan seorang nakhoda bernama Ninjal yang berjuang mengantarkan Sultan Abdulrahman Muazzam Syah dari istana Penyengat menuju Singapura pada 1800-an.

Sebelumnya Sang Nila Utama sudah menjuarai beberapa festival tari tingkat Kabupaten Bintan dan Provinsi  Kepri yang di Bintan digelar beberapa bulan lalu di Kijang, Bintan Timur. Untuk Provinsi Kepri di gelar di Karimun bulan lalu. (*)

Editor: Roelan