Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan Penyakit Jantung yang Sering Tidak Diperhatikan
Oleh : Redaksi
Selasa | 30-09-2014 | 10:53 WIB
serangan_jantung.jpg Honda-Batam
Ilustrasi serangan jantung.

BATAMTODAY.COM - Banyak penduduk dewasa Inggris tidak menyadari faktor risiko penyakit jantung, seperti terungkkap dalam sebuah jajak pendapat.

Hanya 2 persen yang takut akan penyakit jantung koroner, sementara sepertiga penduduk mengkhawatirkan demensia maupun kanker. Satu dari sepuluh penduduk dewasa Inggris mengakui tidak tahu cara memelihara kesehatan jantung mereka.

Penyakit jantung koroner (CHD) menyebabkan 74.000 orang meninggal di Inggris setiap tahun dan sekitar satu dari lima pria serta satu dari delapan wanita meninggal karena CHD.

Dr Mike Knapton dari Yayasan Jantung Inggris mengatakan, "Jantung Anda adalah organ paling penting, tetapi sering kali tidak diperhatikan."

Selain rasa sakit di dada, gejala utama CHD adalah serangan jantung dan gagal jantung. Meskipun demikian, tidak semua orang mengalami gejala yang sama.

Sebagian tidak merasakan apapun sebelum CHD didiagnosa, lapor wartawan BBC Helen Briggs. Faktor risiko antara lain adalah merokok, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Sumber: BBC