Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wako Tanjungpinang Pantau Langsung Lokasi Banjir
Oleh : Habibi
Senin | 29-09-2014 | 10:11 WIB
lis_tnjau_banjir.jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, saat meninjau lokasi rawan banjir di Jalan Ganet.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, dua hari belakangan fokus memantau titik-titik yang rawan banjir di Tanjungpinnag sejak Jumat (26/9/2014). Pasalnya, ditahun 2015 mendatang, Lis bertekat bahwa seluruh titik-titik banjir besar di Tanjungpinang dapat teratasi.

"Untuk Tanjungpinang yang memang rawan itu di Kampung Kolam, Jalan Sulaiman Abdullah, Pemuda dan Ganet. Itu saya sudah pantau dan mudah-mudahan tahun depan akan dapat teratasi," ujar Lis saat ditemui usai memantau titik banjir di kawasan Jalan Pemuda, Sabtu (27/9/2014).

Lis mengaku masih banyak titik-titik banjir yang harus diselesaikan. Kendati demikian, untuk saat ini dia memfokuskan titik-titik besar yang memang sudah berstatus parah.

"Dari 71 titik yang ada sekarang tersisa 34 titik lagi. dari 34 titik itu ada 10 titik besar yang sudah dinyatakan parah, namun untuk anggaran kita tidak bisa menyelesaikan semua secara serentak, harus berkala. Namun titik besar seperti Jalan Pemuda, Sukarberenang, Kampung Kolam, Sulaiman Abdullah, Potong Lembu dan Ganet akan kita upayakan bisa diselesaikan," ujar Lis.

Lis mengatakan untuk menyelesaikan semua itu pemerintah membutuhkan dana sebesar Rp80 miliar untuk membuat drainase dan pembebasan lahan guna membuat resapan air. Kendati demikian hal itu tidak akan tercapai jika hanya mengandalkan Pemko Tanjungpinang.

"Kita minta bantu provinsi dan pemerintah pusat kalau Tanjungpinang hanya bisa menganggarkan sebesar Rp20 miliar saja untuk menangani banjir ini. Tahun ini ada Rp10 miliar yang kita anggarkan tahun depan mungkin Rp10 miliar lagi dan mungkin juga lebih," ujar Lis. (*)

Editor: Roelan