Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambut HUT TNI, Dua Iven Sepeda Santai Digelar di Karimun dan Anambas
Oleh : Nursali/Khoruddin Nasution
Senin | 29-09-2014 | 08:35 WIB
sepeda santai anambas.jpg Honda-Batam
Danlanal Tarempa melepas peserta sepeda santai menyambut HUT TNI ke-69. Acara serupa juga digelar di Karimun.

BATAMTODAY.COM - Tentara Negara Indonesia (TNI) Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun menggelar fun bike. Pelaksanaan fun bike tersebut dalam rangka memperingati HUT TNI ke-69 tahun 2014 bertemakan 'Patriot Sejati, Profesional dan Dicintai Rakyat', Minggu (28/9/2014) sekitar pukul 07.00 WIB di depan panggung rakyat Putri Kemuning, Coastal Area Tanjung Balai Karimun.

Bupati Karimun, Nurdin Basirun sebelum melepas mengatakan, sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat dan daerah. Bahkan, kegiatan ini dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa memandang status usia maupun  jenis kelamin.

"Saya merasa senang, dalam fun bike yang digelar juga ada keikut sertaan komunitas sepeda dari negara tetangga. Jadi, secara tidak langsung dijadikan sebagai ajang promosi kepada wisatawan mancanegara,"ujarnya

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun, Letkol Laut (P) Hery Winarno mengatakan, fun bike ini, juga diikuti dari persepeda dari luar negeri. "Dari sekian banyak perserta, ada juga komunitas sepeda dari luar negeri, yakni Malaysia dan Singapura yang juga mengikuti fun bike, untuk memperingati HUT TNI ke-69 tahun ini, di Karimun," terangnya.

Dijelaskan, kegiatan olahraga bersepeda ini, disamping mengurangi polusi udara juga bersempena dengan HUT TNI ke-69, dilaksanakan serentak di 34 Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Indonesia.

"Seperti yang dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, target peserta dalam fun bike sebanyak 935 ribu. Sedangkan harapannya, untuk setiap Provinsi serta Kabupaten/Kota masing-masingnya ditargetkan berjumlah 25 ribu peserta," ungkapnya.

Adapun rute yang digunakan dimulai dari, depan Putri Kemuning yang diteruskan sampai ke Jl. Petrambangan (Sei Ayam), kemudian balik ke garis finish. Kegiatan itu katanya lagi, tidak hanya semata-mata memberikan hiburan kepada masyarakat. Tetapi, pihaknya sudah menyediakan beragam hadiah di dalam undian doorprize.

" Hadiah utamanya sepeda motor Honda Revo 2 unit. Sementara itu hadiah menarik lainya, berupa kulkas, mesin cuci dan sepeda gunung," paparnya.

Sementara itu, di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, acara serupa juga digelar oleh Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) setempat. 

Dalam kegiatan ini peserta dilepas dari depan Kantor Bupati Anambas dan menuju Jembatan Semen Panjang (SP) kembali lagi dan berputar menuju Masjid Jamik dan selanjutnya melewati Lapangan Sulaiman Abdullah dan finish di kembali ke Kantor Bupati Anambas.

Panitia HUT TNI tersebut juga menyediakan sekitar 150 hadiah yang diberikan kepada seluruh peserta yang didominasi oleh anak-anak dan remaja. Peserta juga berhak mendapatkan satu kupon undian dan diambil di ujung jembatan SP dan kemudian dimasukkan dalam kotak undian yang ada dikantor bupati Anambas.

"Hadiah utamanya kulkas satu pintu dan LED TV 22 inci, dua sepeda dan 4 handphone. Disamping itu ratusan hadiah hiburan kita berikan kepada peserta dan masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini," kata Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P), Tomi Erizal kepada beberapa wartawan, Minggu (28/9/2014) usai kegiatan di lapangan kantor bupati Anambas.

Menurut Tomi, kegiatan fun bike tersebut dilakukan untuk mempererat tali silatuhrahmi antara TNI dengan masyarakat, Polri. Sekaligus memberdayakan masyarakat untuk membiasakan sepeda sebagai alat transportasi apalagi Tarempa merupakan kota kecil yang mudah dijangkau.

"Kalau kita naik sepeda selain sehat juga tidak mengakibatkan polusi udara, apalagi tempat kita ini dekat dengan menggunakan sepeda saya rasa bisa menjaungkau ujung kota ini," katanya.

Danlanal juga menambahkan, kegiatan Fun Bike tersebut diselenggarakan atas kerjasama antara Lanal Tarempa, Lantamal IV Tanjung Pinang dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas ini digelar di halaman kantor Bupati Kepulauan Anambas.

Editor: Dodo