Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Korban Demam Berdarah di Karimun Terus Bertambah
Oleh : Khoiruddin Nasution
Jum'at | 26-09-2014 | 08:25 WIB

BATAMTODAY.COM, Karimun -  Korban meninggal dunia terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Karimun terus bertambah. Bahkan, kasus DBD yang semula waspada kini menjadi status Kejadian Luar Biasa (KLB), khususnya  Kecamatan Karimun tepatnya di Kelurahan Sei Lakam Barat dan Timur.

"Dari Juli sampai September 2014 ini tercatat 277 kasus DBD, sedangkan korban jiwanya sebanyak 7 orang. Adanya korban jiwanya itu, berada di wilayah Kecamatan Karimun," terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Sensissiana saat ditemui membagikan bubuk abate di Kelurahan Sei Lakam Barat, kepada BATAMTODAY.COM, kemarin.

Lebih jauh Sensissiana memaparkan, tanda-tanda timbulnya penyakit DBD itu diantaranya, panas tinggi dari 2 hingga 7 hari, mimisan, bintik-bintik merah dikulit, kulit dingin dan basah.

"Cuaca saat ini sedang tidak menentu. Jika melihat ada beberapa tanda-tanda tersebut cepat datangani, dengan melakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit maupun Puskesmas terdekat, agar cepat ditangani,'' imbaunya

Di tempat yang sama, Camat Karimun, Ramli menyebut, sudah mengajak warganya untuk rutin membersihkan, baik itu di rumah sendiri maupun di lingkungan sekitar.

"Tidak hanya warga yang diimbau melakukan bersih-bersih. Untuk ditingkat Kelurahan sampai Desa juga kita berlakukan hal tersebut. Hal itu untuk terkena DBD seperti terjadi saat ini," ungkapnya.

Sementara, Ketua DPD LMB Kabupaten Karimun, Datuk Panglima Muda Azman Zainal meminta dengan tegas agar Bupati Karimun, Nurdin Basirun untuk mengganti Kepala Dinas Kesehatan.

"Kepala Dinas Kesehatan saat ini, Sensissiana memang tidak bisa bekerja. Dengan adanya korban jiwa dalam kasus tersebut, maka Kadinkes harus bertanggung jawab," tegasnya singkat. 

Editor: Dodo