Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Buruk, Pesawat Nusantara Air Charter Tujuan Palmatak Kembali ke Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 25-09-2014 | 18:34 WIB
Nusantara_BAe_146-200QT_Bidini.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi pesawat Nusantara Air Charter. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pesawat Nusantara Air Charter yang terbang dari Bandara Raja Haji Fisabilllah (RHF) Tanjungpinang tujuan Bandara Palmatak, Kepulauan Anambas, Kamis (25/9/2014) sore, gagal mendarat akibat hujan deras yang disertai angin kencang.


Akibatnya, pesawat yang ditumpangi Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Muchtaruddin, bersama 30 penumpang lainnya itu berbalik ke bandara RHF Tanjungpinang.

Pesawat Fokker Jenis APL 72 dengan kapasitas 31 penumpang ini berangkat dari Bandara RHF Tanjungpinang sekitar Pukul 14.10 WIB.

General Maneger Bandara RHF Tanjungpinang, Suryawakan, membenarkan, kembalinya pesawat Doker bertenaga propeler itu ke Bandara RHF Tanjungpinang pada pukul 17.20 WIB.

"Benar, akibat cuaca buruk dan tidak bisa mendarat di bandara Palmatak, pesawat Nusantara Air Charter kembali lagi ke Tanjungpinang. Dan sekitar pukul 17.20 WIB tadi mendarat dengan selamat di bandara RHF," ujar Suryawakan, yang dihubungi Kamis petang.

Dia mengatakan, seluruh penumpang dan kru pesawat dalam kondisi selamat dan sudah berada di Tanjungpinang, dan menunggu cuaca di Anambas kembali normal untuk terbang kembali ke sana.

Sementara itu berdasarkan Informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM, sebelum memutuskan putar haluan kembali Ke Tanjungpinang, pesawat dilaporkan sempat beberapa kali berputar-putar dan mencoba melakukan pendaratan di Bandara Palmatak. Namun karena hujan deras dan angin kencang hingga tidak memungkinkan melakukan pendaratan, pilot memutuskan untuk kembali ke Tanjungpinang. (*)

Editor: Roelan