Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rokok Tanpa Pita Cukai Beredar Luas di Lingga
Oleh : Nurjali
Kamis | 25-09-2014 | 17:54 WIB
rokok tanpa pita cukai.JPG Honda-Batam
Beberapa rokok tanpa pita cukai yang beredar luas di Lingga. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabo - Rokok yang tidak memiliki pita cukai beredar luas di Kabupaten Lingga, bahkan hingga ke pelosok desa. Selain rokok, ada juga beberapa produk yang berasal dari luar beredar bebas di Lingga. Hal inilah yang diduga menjadi penyebab seluruh ruko di Lingga tutup saat ada isu razia.

Salah satu pedagang di pasar Dabo yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, dirinya tidak mengetahui jika rokok yang tidak memiliki pita cukai tersebut tidak boleh dijual. Namun setelah diberitahukan oleh si pengecer rokok tersebut yang mengatakan agar tidak memajang, barulah dirinya menyimpan rokok tersebut.

"Kemarin dipajang, tapi sudah dikasih tahu jangan dipajang. Jadi kalau ada yang mau beli baru kita keluarkan dari laci," aku pedagang tersebut.

Meskipun produk rokok itu tidak boleh dijual, namun beberapa pemilik toko mengatakan tetap akan menjuak rokok tersebut karena ada jaminan dari pengecer. Selain itu harganya juga jauh lebih murah dibandingkan rokok yang memiliki pita cukai dan bergambar bahaya merokok tersebut.

"Yang punya rokok bilang, kalau ada razia mereka akan infokan. Jadi kita tidak takut. Apalagi harganya murah," kata pedagang lainnya.

Udin, salah seorang konsumen, mengaku membeli rokok tersebut karena harganya murah. rokok tersebut murah, sekitar lima sampai enam ribu rupiah. Untuk membeli rokok tersebut menurut Udin harus meminta dulu kepada pembeli.

"Kalau mau beli saya kasih tahu dulu sama kedai langganan. Bilang saja rokok lima ribu atau enam ribu, nanti tinggal pilih mereknya," ujar Udin.

Dari hasil penelusuran BATAMTODAY.COM di lapangan, peredaran rokok iti disebut-sebut dibekingi oleh oknum aparat. Sehingga setiap ada razia, oknum tersebut akan memerintahkan anggotanya untuk menyampaikan ke penjual rokok tersebut.

Adapun rokok tanpa pita cukai itu di antaranya New GP Light, Viss Classic, Ten, Mighty dan beberapa merek lainnya.

Pada kemasan rokok Viss Classic yang berwarna merah itu tertera tulisan khusus kawasan bebas dan peringatan tentang bahaya merokok. Namun pada kemasan rokok New GP Light berwarna putih tidak terdapat tulisan apapun selain merek dan informasi kandungan nikotin saja. (*)

Editor: Roelan