Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Omset Penjualan Hewan Kurban di Lingga Menurun Tahun Ini
Oleh : Nur Jali
Kamis | 25-09-2014 | 12:16 WIB
kurban lingga.jpg Honda-Batam
Lokasi penjualan hewan kurban milik Ben Agusman di Dabosingkep.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Penjualan hewan kurban di Lingga pada Idul Adha tahun 2014 ini menurun dari tahun-tahun sebelumnya seiring dengan sedikitnya pemesanan dari masjid maupun surau di daerah tersebut.

Ben Agusman, salah satu penjual sapi untuk kurban mengatakan untuk wilayah Dabosingkep ini biasanya setiap tahun pesanan hewan kurban tidak kurang dari 150 ekor dan pemesanan itu biasanya dilakukan oleh masyarkat satu minggu bahkan dua minggu sebelum Idul Adha.

"Kalau tahun sebelumnya, satu atau dua minggu ini sudah banyak yang pesan, bahkan tahun kemarin kita kekurangan, " kata Ben, Kamis (15/9/2014).

Namun pada tahun ini menurut Ben pesawan hewan kurban hingga hari ini baru dua atau tiga orang saja yang memesan. Sementara itu dirinya saat ini telah menyiapkan 30 ekor sapi dan 50 ekor kambing untuk dijual kepada masyarakat.

"Tahun ini sepi, saya sudah masukan hewan kurban dari Lampung, karena tahun kemarin kita kekurangan," kata Ben.

Harga sapi untuk ukuran 60 kg atau lebih harganya mencapai Rp11 juta lebih, dan untuk ukuran 80 kg sampai 100 kg keatas harganya bisa mencapai Rp18,5 juta lebih. Sementara untuk harga kambing, biasanya dijual dari satu juta lebih sampai Rp2 jutaan.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Lingga pada tahun ini telah menganggarkan dana miliaran rupiah untuk membagikan hewan kurban ke beberapa daerah. Namun ketika dikonfirmasi hal ini ke salah satu staf di Dinas Peternakan setermpa dikatakan pemenang lelang untuk tender hewan kurban tersebut, sudah ada namun kepastian hewan kurban tersebut akan tiba di Lingga, belum jelas.

"Ia benar kemarin sudah dianggarkan, tapi kita tidak tahu kapan datangnya," kata salah satu staf di dinas tersebut yang enggan menyebutkan namanya.

Editor: Dodo