Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejumlah Wilayah Batam Alami Pemadaman Listrik
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 23-09-2014 | 16:40 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah wilayah di Batam mengalami pemadaman listrik, Selasa (23/9/2014) sejak pukul 9.15 WIB. Kondisi ini membuat aktivitas warga terganggu.

"Masak nasinya jadi tertunda gara-gara mati listrik," kata Sulis, warga Batam Centre.

Keluhan serupa juga dirasakan mayoritas warga yang tinggal di wilayah Jodoh, Batuampar, Seraya serta sejumlah kawasan lainnya. Untuk menopang aktivitas, mereka terpaksa menyalakan genset. Bagi yang tak memiliki pembangkit listrik portabel, terpaksa gigit jari dan menunggu hidup lagi aliran listrik.

Communication Corporate bright PLN Batam, Rudi Antono saat dihubungi BATAMTODAY.COM menjelaskan pemadaman listrik terpaksa dilakukan karena ada gangguan pada unit 1& 2 PLTU Tanjung Kasam.

Gangguan terjadi pada transmisi yang berdampak pada pembangkit dan menyebabkan terganggunya pasokan listrik ke pelanggan sebesar kurang lebih 74 MW.

"Kami berupaya untuk melakukan pemulihan sistem kelistrikan, sehingga pada pukul 09.55 WIB unit 2 PLTU Tanjung Kasam telah start engine agar pasokan listrik dapat dipulihkan secara bertahap. Selama pemulihan, dengan sangat terpaksa berdampak terhadap pemadaman kepada pelanggan secara bergilir, dan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas terjadinya gangguan mendadak ini," kata Rudi.

"Gangguan ini termasuk mendadak dan bisa terjadi sewaktu-waktu sehingga belum ada pemberitahuan ke pelanggan sebelumnya, pemulihan sistem yang sedang dilakukan diperkirakan memakan waktu 7-8 jam hingga pembangkit sinkron dengan sistem dan normal kembali dan besok tidak ada pemadaman lagi," tambah Rudi.

Namun demikian, pihaknya berupaya semaksimal mungkin agar upaya pemulihan dapat selesai secepatnya.

Mengenai informasi wilayah-wilayah yang terkena pemadaman bergilir, pelanggan dapat menghubungi melalui contact centre bright PLN Batam 123 dari telepon rumah atau 0778 123 dari ponsel atau dapat juga dilihat pada website www.plnbatam.com pada menu informasi pemadaman.

"Untuk mengurangi dampak terjadinya pemdaman, kami mengimbau para pelanggan dapat melakukan penghematan penggunaan tenaga listrik selama dilakukannya pemulihan sistim, misalnya dengan mematikan lampu, dan alat-alat elektronik apabila tidak dipergunakan," tutup Rudi.

Editor: Dodo