Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Shelter Dinsos Penuh, Deportasi Puluhan TKI dari Malaysia Tertunda
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 23-09-2014 | 15:28 WIB
shelter_trafficking.jpg Honda-Batam
Para TKI korban trafficking berjejal di Shelter Dinsos Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Selter Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam di Sekupang masih menampung 91 orang TKI yang pengirimannya digagalkan Satgasda People Smuggling Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kepri beberapa hari lalu. Imbasnya, TKI yang hendak dideportasi gagal pulang ke Batam. 

"Puluhan TKI yang hendak dideportasi dari Malaysia gagal pulang lantaran selter Dinsos sudah melebihi kapasitas sehingga pemulangan ditunda," ujar Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam, Raja Kamarulzaman, Selasa (23/9/2014).

Dia mengatakan para TKI dari Malaysia sebelumnya direncanakan pulang pada Senin (22/9/2014), namun hal itu tertunda dikarenakan shelter masih menampung para TKI yang terdiri dari 46 laki-laki dan 45 perempuan.

"Kita kasihan juga sebenarnya sama saudara kita ini kapasitas tampung kita hanya 50 orang untuk tempat tidur bertingkat itu hanya menampung 20 sedangkan 30 lainnya terpaksa lesehan," ujarnya.

Para TKI deportasi dari Malaysia dijadwalkan tiba di Batam melalui Pelabuhan Fery Internasional Batam Center sore ini. "Kalau kita pulangkan hari Senin para TKI Deportasi kasian mereka akan tidur di luar," ujarnya.

Apabila hari ini para TKI deportasi pulang, maka bersama dengan korban trafficking yang diamankan oleh Ditreskrimum, diperkirakan pada Rabu (24/09/2014) seluruhnya bisa pulang ke kampung halamannya masing-masing dengan menggunakan kapal Pelni via Pelabuhan Beton Sekupang menuju Jakarta.

Editor: Dodo