Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tuan Rumah Piala Dunia 2022 Simpang Siur
Oleh : Redaksi
Selasa | 23-09-2014 | 09:59 WIB

BATAMTODAY.COM - Negara mana yang bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 semakin simpang siur setelah salah satu anggota Komite Eksekutif Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) mengatakan Qatar tidak cocok menjadi penyelenggara perhelatan kompetisi sepak bola terakbar dunia tersebut.


"Saya pribadi berpikir bahwa pada akhirnya Piala Dunia 2022 tidak akan diselenggarakan di Qatar," kata Theo Zwanziger, anggota Komite Eksekutif FIFA kepada Sport Bild.

Mantan ketua Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) itu mengatakan faktor cuaca merupakan alasan utama mengapa Qatar sebaiknya tidak dijadikan tuan rumah.

"Para dokter berkata tidak dapat menerima tanggung jawab jika Piala Dunia diselenggarakan dalam kondisi (cuaca) seperti itu."

Meski Qatar mengklaim bahwa Piala Dunia 2022 dapat tetap digelar di musim panas dengan menggunakan teknologi pendingin di stadion, wilayah latihan, dan zona pendukung, Zwanziger mengaku tetap khawatir akan kondisi kesehatan para pemain dan pendukung.

Faktor kesehatan
"Mereka mungkin bisa mendinginkan stadion, namun Piala Dunia tidak berlangsung di stadion saja. Para pendukung dari seluruh dunia akan datang dan bepergian dalam kondisi panas terik. Kasus yang mengancam kesehatan karena cuaca akan memicu penyelidikan oleh kejaksaan. Ini bukan sesuatu yang ingin dijawab anggota-anggota Komite Eksekutif FIFA," kata Zwanziger.

Demi mencari jalan tengah untuk masalah suhu musim panas yang mencapai lebih dari 40 derajat celsius, FIFA mempertimbangkan untuk menggeser jadwal turnamen Piala Dunia 2022 ke musim dingin.

Namun, usulan itu malah memicu pertentangan dari klub-klub sepak bola yang khawatir laga Piala Dunia pada musim dingin akan mengacaukan jadwal liga domestik.

Kengototan FIFA untuk menggelar Piala Dunia 2022 di Qatar pun tidak lepas dari tuduhan bahwa ada permainan uang di balik keputusan tersebut.

Sumber: BBC