Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diangap Mampu Perjuangkan Amandemen ke-V UUD 1945

Anggota DPD Terpilih dari 3 Wilayah Nilai Farouk Muhammad Layak Jadi Ketua DPD
Oleh : Surya
Senin | 22-09-2014 | 18:11 WIB
farouk_muhammad.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Farouk Muhammad

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Anggota DPD terpilih Periode 2014-2019 dari wilayah barat, tengah dan timur menilai sosok Prof Dr Farouk Muhammad yang dinilai layak sebagai Ketua DPD RI mendatang. 

Sosok Farouk dianggap yang mampu mewujudkan Amandemen V UUD 1945 dalam rangka meningkatkan peran DPD, karena memiliki kapabilitas dan komunikasi yang baik dengan pemerintah dan DPR RI.

Dedi Iskandar Batubara, Anggota DPD terpilih dari Sumatera Utara dari wilayah barat mengatakan, Ketua DPD kedepan diharapkan memiliki kompetensi yang lebih baik daripada periode sekarang, karena tantangannya akan lebih berat.

"DPD kedepan dituntut berperan lebih luas dalam kewenangannya, harus setara dengan DPR karena sistem bikameral. Ketua DPD kedepan harus bisa mewujudkan Amandemen ke-V," kata Dedi Iskandar Batubara di Jakarta, Senin (22/9/2014).

Menurut Dedi, sosok Farouk memiliki komitmen dalam mewujudkan Amandemen ke-V, yang bisa dilihat dari keterlibatannya dalam pembahasan RUU Pemerintah Daerah dan RUU Pilkada.

"Komitemen Pak Farouk sangat baik, dan cukup serius dalam ikut membahas kedua RUU tersebut. Hal itu bisa menjadi dasar dalam mewujudkan Amandemen ke-V," katanya.

Sedangkan Ria Saptarika, Anggota DPD terpilih dari wilayah barat lainnya menambahkan, ketua DPD kedepan harus memiliki  network yang baik, guna meningkatkan kewenangan DPD yang masih terbatas.

"Ketua DPD kedepan harus memiliki network yang kuat terhadap pemerintah dan DPR. Selain itu, juga diperlukan figur yang bersih dan tidak terlibat hal-hal negatif," kata Anggota DPD terpilih asal dari Kepulauan Riau ini.

Sementara Habib Said Ismail, Anggota DPD terpilih dari Kalimantan Tengah juga menegaskan, Farouk memiliki komitmen dalam menyelesaikan semua tugasnya di DPD RI. Habib menilai, Farouk juga memiliki keilmuan yang lebih baik daripada calon lain, selain pergaulannya dengan tokoh-tokoh nasional baik di pemerintah dan DPR.

"Disaat yang lain melakukan sosialisasi pencalona ketua DPD, Pak Farouk tidak melakukan sosialisasi, malahan melesaikan tugas-tugasnya terutama dalam pembahasan RUU di DPR. Ketua DPD seperti ini yang layak dan diharapkan bisa memperjuangkan Amandemen ke-V," kata Habib, yang mewakili wilayah tengah ini.

Sebaliknya Ahmad Sadeli, Anggota DPD terpilih dari Banten mengatakan, Farouk Muhammad bisa menjadikan DPD RI sebegai lembaga tinggi negara yang berwibawa, baik dihadapan rakyat dan daerah.

"Ketua DPD harus bisa mendorong dan memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerah,  bisa menjembatani dengan pemerintah dan kedepan. Kita sangat prihatin infrakstruktur jalan dan fasilitas kesehatan di Banten yang kurang mendapat perhatian," kata Sadeli, Anggota DPD terpilih dari wilayah tengah.

Sadeli juga berharap Ketua DPD kedepan harus memberi perhatian kepada tiap-tiap anggota, bukan hanya memperhatinkan lembaga DPD.

"Ibaratnya ketua DPD kedepan harus bisa ngemong sebagai bapak, semua anggota difaslitasi, bukan hanya lembaganya saja. Ketua DPD harus memperhatikan kepada tiap-tiap anggota," katanya.

Anggota terpilih dari Sulawesi Selatan, Ajiep Padindang menegaskan, DPD kedepan butuh pemimpin karismatik  dan berwibawa seperti Farouk Muhammad sehingga mampu memperjelas fungsi dan kewenangan DPD.

"Pak Farouk mampu memperbaiki kewenangan DPD dan bisa memperjuangkan Amandemen ke-V. Tanpa pemimpin yang karismatik dan berwibawa, kewenangan DPD akan sulit ditingkatkan, karena yang diperlukan bukan hanya sekedar membina hubungan pemerintah dan DPR saja," kata Ajiep Pandindang, Anggota DPD terpilih dari wilayah timur ini.

Anggota DPD terpilih dari wilayah timur lainnya, Safrudin Atasoge menambahkan, Farouk adalah sosok pemimpin yang dibutuhkan DPD ke depan, terutama dalam upaya mewujudkan realisasi Amandemen ke-V.

"Selain tegas, bersih, Pak Farouk itu kalau berjuang sangat luar biasa. Dia sosok pemimpin yang mempunyai visi kedepan, sosok pemimpin yang dibutuhkan DPD," kata Safrudin asal Nusa Tenggara Timur ini.

Editor : Surya