Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolda Datang, Pelangsir Solar dalam Antrean di SPBU Depan Ocarina Bubar
Oleh : Hadli
Sabtu | 20-09-2014 | 09:05 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi dari SPBU di Batam ternyata belum berhenti total pasca penggerebekan yang dilakukan Polda Kepri.

Aktivitas pelangsiran itu terjadi di SPBU depan simpang wisata Ocaraina. Ketika itu, Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari beserta rombongan yang langsung menyaksikan kaburnya para pelangsir solar ketika ia menghampiri SPBU bernomor 14.294.739 yang dikelola PT Tata Murdaya Laksana.

Kabid Humas Polda Kepri Ajun Komisaris Besar Polisi AKBP Hartono kepada BATAMTODAY.COM membenarkan peristiwa itu. Menurutnya, ketika itu, Rabu (17/9/2014) siang  Kapolda Kepri dan rombongan habis mengunjungi salah satu kantor media cetak di Batam.

Usai melakukan kunjungan kebeberapa media di Batam, Kapolda bermasuksud untuk memantau secara langsung antrean kendaraan berbahan jenis solar di SPBU di Batam dari kejauhan.

Namun, lanjutnya entah kenapa Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari langung mengarahkan kepada anggotanya untuk masuk membawa masuk mobil bintang 1 itu ke kawasan SPBU tersebut.

"Saat itu antrean sedang panjang hingga ke ruas jalan raya. Tak tau kenapa pak Kapolda masuk kedalam kawasan SPBU depan Ocarina, gak taunya satu per satu mobil yang awalnya dilihat mengantre panjang itu langsung menghilang. Mereka kabur semua," kata dia.

Dikatakan Hartono lagi, dengan tindakan upaya penegakan yang dilakukan Jajaran Polda Kepri, polresta Barelang serta tim terpadu Pemko Batam dan Polisi Militer (PM) sudah banyak menamakan barang bukti dan tersangka termasuk beberapa kapal.

Upaya tersebut, lanjutnya ternyata tidak membuat efek jera para pelaku lainnya. "Pak Kapolda langsung instruksikan basmi pelangsir solar ilegal," tutup dia.

Editor: Redaksi