Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelepasan Mantan Dandim 0316 Batam Diwarnai Isak Tangis
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 19-09-2014 | 14:41 WIB
pelepasan dandim.jpg Honda-Batam
Dandim 0316 Batam yang baru, Letkol Inf Josep Tarada Sidabudar mengalungkan bunga kepada Letkol Arh Harvin Kidingallo.

BATAMTODAY.COM, Batam - Suasana haru dan isak tangis mewarnai pelepasan mantan Komandan Kodim (Dandim) 0316 Batam, Letkol Arh Harvin Kidingallo yang  dimutasikan ke Markas Besar TNI AD di Jakarta, Kamis (18/9/2014) sore di Makodim 0316 Batam.

Pelepasan tersebut dilaksanakan setelah Serah terima jabatan (Sertijab) dari Letkol Arh Harvin Kidingallo yang digantikan Letkol Inf Josep Tarada Sidabudar sebagai Dandim 0316 Batam yang baru di Korem 033 Wira Bima Tanjungpinang siang harinya.

Saat upacara pelepasan di Makodim 0316 Batam, Letkol Arh Harvin Kidingallo mengatakan, setelah memimpin Kodim 0316 Batam selama satu tahun lebih, ia banyak mendapat pelajaran yang membuatnya lebih baik.

"Di Tanjungpinang telah dilakukan penyerahan komando. Ada saat datang, ada saat pergi. Ada saat memulai, dan ada saat mengakhiri. Selama memimpin Dandim 0316 Batam, banyak pengalaman, suka duka dan pembelajaran yang saya dapatkan dan tidak bisa dilupakan," kata Harvin dalam sambutannya, Kamis sore.

Dengan pemutasiannya saat ini, ia akan mencoba lebih baik lagi setelah mendapat pengalaman dan pembelajaran selama berbaur dengan warga Kodim 0316 serta masyarakat Batam yang senantiasa menerima kehadirannya.

Sedangkan kepada Dandim yang baru, ia berpesan agar bisa memimpin lebih baik lagi. Semua itu tidak terlepas dari peran serta seluruh warga Kodim yang ikut mendukung dan bekerjasama dengan pimpinannya.

"Saya yakin, dengan kepemimpinan yang baru, Kodim 0316 Batam bisa lebih baik lagi. Sebab, Letkol Inf Jose Tarada Sidabutar mempunyai kapasitas, dan kemampuan untuk memimpin," pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0316 Batam yang baru, Letkol Inf Josep Tarada Sidabudar mengatakan, langkah pertama yang akan ia lakukan, harus membuat sinergitas antara TNI, Polri dan Pemda sendiri. Namun terlepas dari itu, ia pertama-tama akan memperbaiki dari dalam tubuh Kodim Sendiri.

"Kita sama mengetahui, bahwa tugas kami membantu pemerintah daerah untuk keamanan dan kenyamanan, dan harus profesional serta dicintai masyarakat. Karena itu, kami tidak akan terlibat dalam hal yang bukan ranah kami. Dengan kata lain, saya akan memperbaiki ke dalam tubuh Kodim dulu," tegas Josep kepada wartawan.

Selain itu tambahnya, tentu saja ia tidak bisa membina masyarakat jika falam tubuhnya sendiri belum bisa diperbaiki. "Karena itu, visi saya adalah harus profesional. Jika ada anggota saya kedapatan berbuat hal yang diluar koridor, akan saya tindak secara tegas," tambahnya.

Mengenai biografi Dandim yang baru ini, perwira TNI kelahiran Sumatera Utara ini lulus Akademi Militer tahun 1997. Untuk penugasan pertamanya ditugaskan di Kodam 7 Wira Buana dan setelah itu pindah ke Kostrad. Setelah itu dilindahkan ke Kodam 17 Cendrawasih Papua. Kemudian ditarik kembali ke Kostrad menjadi Komandan Batalion di Makassar. Baru setelah itu, ia dipindahkan ke Batam memimpin Kodim 0316 Batam.

Pantauan di lokasi, sebelum melepas kepergian Letkol Arh Harvin Kidingallo, Dandim baru dan warga Kodim 0316 Batam memberikan kenang-kenangan serta mengantarkannya hingga mobil di luar gerbang Makodim. Kepergian Mantan Dandim tersebut begitu berat dirasakan warga Kodim. Hingga ia memasuki mobil, terlihat para tentara dan istrinya banyak yang menitikkan air mata.

Setelah mantan Dandim pergi, dilanjutkan dengan penyambutan Dandim baru mulai dari gerbang hingga sampai ke dalam Makodim. Terlihat, Dandim baru disambut dengan cara para tentara menggendongnya dari gerbang menuju lapangan Makodim.

Editor: Dodo