Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditemukan Tangki Modifikasi di Sedan Penyebab Terbakarnya SPBU Pandanwangi
Oleh : Romi Chandra/Nursali
Kamis | 18-09-2014 | 12:51 WIB
kebakaran pandanwangi1.jpg Honda-Batam
Bangkai sedan Toyota Corolla, penyebab kebakaran SPBU Pandanwangi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah dilakukan olah TKP oleh Polsek Batam Kota dan Polresta Barelang, mobil yang menjadi sumber kebakaran di SPBU Pandanwangi, dekat Kepri Mall diduga kuat merupakan mobil pencoleng solar berbahan bakar premium.

Dari dalam mobil yang hangus terbakar tersebut, ditemukan tangki minyak yang sudah dimodifikasi untuk menampung 500 liter bahan bakar minyak (BBM) yang biasanya digunakan mobil pelangsir pada bagian belakang. Selain itu, juga ditemukan selang untuk menyalurkan minyak ke tangki modifikasi.

Pelaksana Harian (Plh) Kapolesta Barelang, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan sumber api apakah ada kaitannya dengan tangki yang dimodifikasi.

"Dilihat dari bentuk mobilnya, memang mobil pelangsir, karena ada tangki modifikasi. Tapi penyebab api di dalam mobil tersebut kita belum tahu," kata Yusri, Kamis (18/9/2014) siang.

Selain itu, pihaknya juga sedang mendalami siapa pemilik mobil tersebut. Saat ini, pihaknya juga telah memanggil petugas SPBU yang berada di lokasi untuk dimintai keterangan.

"Kita baru memanggil petugas SPBU yang melayani mobil itu. Dari bentuknya memang mobil pelangsir. Tapi untuk memastikannya, kita butuh penyelidikan lebih dalam lagi. Mobil itu diketahui ditumpangi dua orang yang kabur saat kejadian, tapi kita akan telusuri siapa pemiliknya," jelas Yusri.

Pantauan di lokasi, SPBU tersebut hingga kini masih dipasangi garis polisi (police line). Sementara situasi di sekitar lokasi sudah sepi dan tidak terlihat ada aktivitas lagi.

Berita sebelumnya, kebakaran hebat melanda SPBU nomor 14.294705 atau dikenal Pandanwangi di dekat Simpang Kabil pada Kamis (18/9/2014) sekitar pukul 10.00 WIB. Ledakan hebat mewarnai kebakaran ini.

kebakaran di SPBU tersebut, dipicu dari munculnya api dari sebuah sedan Toyota Corolla bernomor polisi BP 1414 UX yang dikendarai pria tak dikenal.

Karyawan SPBU tersebut, Rusli, mengatakan, mobil tersebut datang dan mengisi BBM jenis premium sebesar Rp50 ribu. Usai pengisian, karyawan tersebut melihat api dari kursi depan samping kiri sopir.

"Dia isi bensin 50 ribu, setelah isi saya mau ambil uangnya, tiba-tiba saya lihat api di bawah kursi depan sebelah kiri sopir, saya langsung teriak bang," kata Rusli.

Dia juga mengatakan, sopir yang mengendarai mobil yang berkaca gelap tersebut, langsung melarikan diri pada saat terjadi kebakaran tersebut. Rusli mengaku tidak mengenali sopir yang mengendarai mobil tersebut.

Editor: Dodo