Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gara-gara Kabut Asap, Tiga Pesawat Mendarat Darurat di Bandara Hang Nadim
Oleh : Hadli
Kamis | 18-09-2014 | 12:32 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiga pesawat komersial terpaksa dialihkan pendaratannya di Bandara Hang Nadim, Batam lantaran kabut asap yang semakin menebal di wilayah Sumatera, Kamis (18/9/2014).

Seperti pesawat Lion Air Boeing 737 - 900 dengan nomor penerbangan JT 388 dari Jakarta tujuan Pekanbaru terpaksa dialihkan pendaratannya pagi tadi.

"Satu penerbangan dari Jakarta tujuan Pekanbaru terpasaksa dialihkan ke Batam karena faktor asap," kata Regional Manager Sumatera Lion Air, Mahrido.

Dia mengatakan, pesawat terbang dari Jakarta pada pukul 06.00 WIB. Seharusnya pesawat tiba di Pekanbaru pada pukul 7.30 WIB.

"Di batam pesawat mendarat pukul 8.00 WIB. Ketika itu jarak pandang di Pekanbaru hanya berkisar 800 meter sehingga pilot memutuskan mendarat di Batam," kata dia. 

Selain Lion Air, dikabarkan maskapai milik Garuda dan Citilink juga mendarat darurat ke Batam karena kabut asap. Diantaranya, Citilink CTV 936  PPKLJ mendarat di Batam pukul 8.24 WIB dan Garuda 198D PKGMV mendarat pukul 8.54 WIB.  

"Alasan mendarat di Batam dikarenakan jarak pandang di Pekanbaru  700 meter, dengan kondisi awan dan angin sedikit lakukan pergerakan. Menurut personel BMKG Pekanbaru kondisi jarak pandang dibawah rata-rata akan berlangsung lama," kata Indah Irwansyah, Kepala Keselamatan Penerbangan Bandara Hang Nadim Batam. 

Dia menambahkan saat ini pesawat Garuda dan Citilink sudah diterbangkan ke Pekanbaru. Sementara 1 pesawat Lion Air dengan 180 penumpang masih menunggu untuk terbang ke Pekanbaru. 

Editor: Dodo