Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMKG Kepri Bakal Operasikan Alat Pemantau Cuaca Otomatis
Oleh : Habibi
Kamis | 18-09-2014 | 11:28 WIB
bmkg_ardhto.jpg Honda-Batam
Arditho Bramandika Putra, prakirawan BMKG Kepri.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Provinsi Kepulauan Riau akan mendapatkan peralatan prakiraan cuaca otomatis senilai Rp 8,5 miliar. Alat tersebut akan tiba pada akhir tahun ini.

"Nama alatnya itu Automatic Weather Observing System. Oktober kita sudah mulai melakukan latihan penggunaan alat dan diharapkan alat tersebut akan dipasang akhir tahun ini di Kepri," ujar Arditho Bramandika Putra, prakirawan BMKG Kepri, Kamis (18/9/2014).

Arditho mengatakan, dengan adanya alat ini maka kinerja BMKG akan semakin maksimal dan bagus. Alat ini juga berguna sekali untuk pesawat dalam melihat cuaca ketika ingin terbang atau take off.

"Kita sejak dulu menggunakan manual, dan sekarang sudah mulai menggunakan otomatis. Tentunya prakiraan akan semakin tepat dan akurat," ujar Arditho.

Dia mengatakan bahwa pengadaan peralatan baru memang merupakan program dari BMKG Pusat. Ditargetkan tahun 2017 mendatang semua BMKG di Indonesia telah menggunakan alat prakiraan cuaca otomatis tersebut.

Editor: Dodo