Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabut Asap di Kepri Belum Membahayakan
Oleh : Habibi
Kamis | 18-09-2014 | 08:20 WIB
kabut asap pinang.jpg Honda-Batam
Kabut asap yang menyelimuti wilayah Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Kepulauan Riau, menyatakan kabut asap yang muncul di sejumlah wilayah Kepri masih tergolong biasa dan belum membahayakan.

"Berdasarkan keterangan pilot melihat saat mau turun landasan memang wilayah Kepri tertutup kabut. Namun masih tergolong biasa dan untuk penerbangan juga masih aman," ujar Arditho Bramandika Putra, prakirawan BMKG Kepri, Kamis (18/9/2014).

Dia mengatakan bahwa kabut asap yang berasal dari daratan Sumatera ini memang terbawa angin ke Kepri. Hanya saja dikarenakan saat ini musim selatan, angin tidak terlalu membawa banyak asap karena banyak wilayah yang dilewati.

Sementara itu dari pantauan BATAMTODAY.COM di Tanjungpinang, jika dilihat dari dataran tinggi, terlihat setiap wilayah diselimuti kabut. Hanya saja untuk wilayah-wilayah daratan memang tidak terlihat dikarenakan kabut asap masih tipis.

Kendati demikian, Arditho mengimbau agar semua masyarakat hendaknya menggunakan masker sebagai pencegahan agar terkena penyakit.

"Asap ada, meskipun tipis, gunakanlah masker untuk jaga-jaga," ujar Arditho.

Sedangkan di Batam, sejumlah wilayah pagi ini juga tampak kabut asap tipis. Hal ini terlihat di kawasan Ocarina Batam Centre, Sekupang, Punggur maupun Nongsa. Meski demikian, adanya kabut asap belum mengganggu aktivitas transportasi laut dan udara.

Editor: Dodo