Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelar Perkara Masih Tunggu Hasil Labfor Mabes Polri

Sudah 19 Hari, Penyebab Ledakan Tongkang di PT Bandar Abadi Shipyard Masih Misterius
Oleh : Gokli Nainggolan
Selasa | 16-09-2014 | 16:43 WIB
tongkang.jpg Honda-Batam
Kondisi TKP sesaat setelah ledakan tongkang di PT Bandar Abadi Shipyard, beberapa waktu lalu. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polisi masih menyelidiki penyebab ledakan kapal tongkang di PT Bandar Abadi Shipyard (BAS). Selain sejumlah saksi sudah dimintai keterangan, polisi akan segera melakukan gelar perkaran setelah hasil penyelidikan Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri cabang Medan diterima.

"Masih terus kita selidiki. Hasil Labfor Mabes Polri belum kita terima. Jika tahap awal pemeriksaan sudah selesai, akan kita lakukan gelar perkara di Mapolresta Barelang," kata Kapolsek Batuaji, Kompol Zaenal Arifin, Selasa (16/9/2014) siang.

Selain saksi dari pekerja, dan pihak perusahaan, kata Zaenal, pihaknya juga sudah memanggil pihak Dinas tenaga kerja (Disnaker) Batam yang membidangi masalah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Keterangan dari sejumlah saksi yang diperiksa masih terus dikembangkan.

"Setelah dilakukan gelar perkara, baru bisa ditingkatkan ke tingkat penyidikan," jelasnya.

Belakangan ini, tiga orang yang disebut-sebut perwakilan PT BAS, satu wanita dan dua pria, kerap mendatangi Mapolsek Batuaji. Entah hanya sekadar memenuhi panggilan atau turut membantu penyelidikan polisi, belum diketahui. Tetapi, ketiganya kerap datang secara bersamaan.

Sampai saat ini, terhitung 19 hari sejak kejadian pada Jumat (29/8/2014) sekitar pukul 15.30 WIB, penyebab terjadinya ledakan masih tetap misterius. (*)

Editor: Roelan