Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Simulasi Tes CPNS dengan Sistem CAT di Lingga Dilaksanakan 20 September
Oleh : Nurjali
Selasa | 16-09-2014 | 14:08 WIB
bupati lingga pantau sistem cat.jpg Honda-Batam
Bupati Lingga, Daria, saat memantau pelaksanaan persiapan pelaksanaan simulasi sistem CAT di salah satu ruangan di PT Telkom cabang Dabo Singkep Jalan Telkom, Setajam, Minggu (14/9/2014) kemarin. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabo - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lingga akan melakukan simulasi penggunaan sistem computer assisted test (CAT) seleksi penerimaan CPNS 2014 pada Sabtu (20/9/14) mendatang. Kesiapan simulasi yang bakal dilaksanakan di kantor Telkom Setajam Dabo Singkep tersebut telah dipantau langsung Bupati Lingga, Daria, Minggu (14/9/2014) kemarin.

Pada saat memantau Daria mengatakan, dengan sistem CAT ini diharapkan akan lebih kredibel jika dibandingkan dengan tes yang menggunakan lembar jawaban komputer (LJK). Hal itu karena, sistem CAT ini mewajibkan peserta CPNS mengisi jawaban secara langsung di komputer. Bahkan, hasil jawaban peserta secara otomatis akan keluar di layar komputer saat itu juga.

"Dengan sistem ini, pemerintah menginginkan agar pelaksanaan tes CPNS ini benar-benar dapat dipertanggungjawabkan, sehingga tidak ada kecurangan," kata Daria.

Sementara itu Kepala BKD Kabupaten Lingga, Syamsudi, mengatakan, aplikasi CAT ini empat hari sebelum pelaksanaan harus diamankan di BKN Provinsi Kepri. Hal ini bertujuan untuk memastikan jika server aplikasi tersebut benar-benar bersih dan tidak dimanipulasi. Jumlah soal  yang akan diuji ada 100 dan harus diselesaikan dalam waktu 90 menit.

"Materi tesnya adalah kompetensi dasar yang meliputi wawasan kebangsaan dengan batas minimal  (passing grade) 70, tes intelejensi umum 75, dan tes karakteristik pribadi minimal 105. Hasilnya, langsung di-print out rangkap empat yang akan diarsip BKD, Panselnas, BKN, dan untuk ditempel di tempat umum," kata Syamsudi.

Dia menambahkan, pendaftaran penerimaan CPNS tersebut masih menunggu informasi dari Provinsi Kepri. Namun untuk simulasinya akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 September 2014, di tempat yang telah disediakan oleh panitia di Jalan Telkom Setajam, bekerja sama dengan PT Telkom Cabang Dabo Singkep. (*)

Editor: Roelan