Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Warga Pangke Demo PT Saipem
Oleh : Khoiruddin Nasution
Senin | 15-09-2014 | 13:15 WIB
demo warga saipem.jpg Honda-Batam
Demo warga Desa Pangke di depan PT Saipem, Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Ratusan warga yang tergabung dari dua desa, yakni Desa Pangke dan Desa Pangke Barat melakukan aksi unjuk rasa  di depan PT Saipem Indonesia Karimun Branch (SIKB), yang terletak di Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Senin (15/9/2014). Tujuannya menuntut perusahaan itu agar merealisasikan permintaan warga, yang diajukan beberapa waktu lalu.

Koordinator aksi, Haris yang juga sebagai tokoh pemuda Desa Pangke Barat menjelaskan, aksi demo yang dilakukan di depan PT SIKB untuk meminta kejelasan tentang pengajuan lamaran yang telah diajukan belum lama ini.

Sebab katanya lagi, perusahaan asal negara Itali tersebut dinilai tidak merespon dan menanggapi dua permintaan yang menjadi tuntutan warga, sehingga aksi demo itu digelar .

"Ada dua tuntutan yang disampaikan dalam aksi demo ini. Pertama, meminta kejelasan sekitar 70 orang masyarakat Desa Pangke dan Pangke Barat yang lamarannya sudah dimasukan ke PT SIKB. Kedua, masyarakat dari dua desa tersebut yang sudah bekerja, tetap dipertahankan bekerja di PT SIKB," terangnya

Usai menyampaikan orasinya, manajemen PT SIKB, Ernesto De Franco yang hadir ditengah-tengah pengunjuk rasa langsung mengambil keputusan dengan jalan mengajak pengunjuk rasa masuk ke dalam PT SIKB untuk melakukan pertemuan membahas permasalahan yang terjadi.

Dari pantauan, aksi demo yang dilakukan masyarakat dua desa berbeda itu, juga diikuti karyawan-karyawan PT SIKB (tenaga kerja lokal) yang semulanya mau masuk bekerja.

Bahkan, aksi demo yang menjadi pusat perhatian masyarakat setempat itu juga terlihat Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Karimun, Rupindi Alamsyah serta aparat gabungan dari Mapolres Karimun, Kepolisian Sektor (Polsek) Meral serta TNI AD. 

Editor: Dodo