Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kebakaran Hanguskan 11 Rumah di Patam Lestari
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 15-09-2014 | 12:01 WIB
kebakaran ruli patam.jpg Honda-Batam
Puing-puing sisa kebakaran yang manghanguskan 11 rumah di Patam Lestari, Sekupang.

BATAMTODAY.COM, Batam -  Sedikitnya ada 11 unit rumah di RT 01 RW 05, Ruli Tiban III Kelurahan Patam Lestari, Sekupang, Batam, dilalap si jago merah Senin (15/9/2014) pukul 05.00 WIB.

Kebakaran di pagi buta tersebut membuat 11 kepala keluarga tidak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan barang berharga dan dokumen penting, karena saat itu sedang terlelap tidur.

Saat kebakaran, si jago merah begitu cepat melalap para rumah yang umumnya berdinding triplek. Beruntung tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

Lima unit mobil Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) BP Batam dan ar Pemko Batam dikerahkan untuk memadamkan api sekitar satu jam lamanya.

Prenhat Hasibuan, saksi mata yang juga korban kebakaran mengatakan asal muala api berasal dari kediaman Saiful. Saat itu ia sedang duduk di warung, tiba-tiba dinding rumah Saiful muncul kobaran api.

"Tiba-tiba api itu sudah muncul dinding rumah Saiful, lantas saya diminta memberikan bantuan untuk memadamkan api," ujar Prenhat.

Prenhat pun berusaha mengambil air di rumahnya saat kembali lagi api sudah besar dan menghanguskan rumah Saiful. "Ketika saya datang lagi sambil membawa air api sudah besar dan merembet ke rumah warga lainnya bahkan rumah saya yang hanya bersebelahan dengan rumah Saiful juga dilalap si jago merah," katanya. 

Dia menyebutkan, setiap malam Saiful selalu membakar sampah untuk mengusir nyamuk padahal sudah diperingatkan karena ada bensin (premium) di rumah namun dia  tidak pernah menghiraukan. Akibatnya, api langsung menyambar botol premium 

"Saat kejadian saya tidak tahu Saiful sedang apa, tahu-tahu dia sudah teriak memanggil nama saya untuk meminta bantuan," ujarnya.

Kapolsek Sekupang Kompol Rimsyahtono mengatakan sampai saat ini pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan 11 unit rumah itu.

"Saksi sudah diperiksa sebanyak 2 orang termasuk Saiful," pungkasnya.

Editor: Dodo