Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Proyek Perpanjangan Pelabuhan Dabosingkep Terbengkalai
Oleh : Nur Jali
Rabu | 10-09-2014 | 13:04 WIB
proyek_pelabuhan_mangkrak.jpg Honda-Batam
Proyek pembangunan perpanjangan Pelabuhan Dabosingkep senilai Rp19,4 miliar yang mangkrak.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Proyek pembangunan perpanjangan Pelabuhan Dabosingkep, yang dinamakan konstruksi lanjutan pembangunan fasilitas pelabuhan laut tahun anggaran 2013, terbengkalai dan dihentikan pengerjaannya.

Dalam pengumuman LPSE Lingga, proyek yang dikelola Satuan Kerja Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Dabosingkep senilai Rp19,4 miliar tersebut dimenangkan oleh PT Dewa Ruci Mulia. 

Dari pantauan di lapangan, proyek tersebut terbengkalai dan banyak yang tidak selesai. Beberapa jembatan hanya tiang pancangnya saja yang ada, bahkan beberapa material proyek seperti besi beton masih tergeletak di lokasi proyek, bahkan merusak konstruksi jembatan yang sudah ada sebelumnya.

Pembatas jembatan pelabuhan juga rusak dan tidak diperbaiki oleh kontraktor. Saat ini lokasi proyek tersebut dijadikan tempat memancing oleh masyarakat di sore dan malam harinya.

Salah satu kepala tata usaha di Kantor Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Dabo Singkep Emran, yang ditemui dikantornya mengatakan proyek tersebut tidak diteruskan karna pemenang tendernya tidak mau meneruskan pekerjaan tersebut.

"Untuk lebih jelasnya, datanya ada di PPK yang sekarang berada di Tanjungpinang," kilah Emran.

Menurut Emran, proyek tersebut sudah diajukan ke Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan untuk diteruskan, namun sampai saat ini memang belum ada kejelasannya.

"Sudah diajukan untuk diteruskan, tapi memang belum ada kabar," kata Emran.

Editor: Dodo