Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Letkol Tomi Erizal Jabat Danlanal Tarempa
Oleh : Nursali
Selasa | 09-09-2014 | 18:03 WIB
sertijab danlanal tarempa.jpg Honda-Batam
Sertijab Danlanal Tarempa dari Letkol Laut (P) Agung Jaya Saktika digantikan oleh Letkol Laut(P)Tomi Erizal yang dipimpin oleh Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Sulistyanto. (Foto: Nursali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Tongkat komando kepemimpinan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Agung Jaya Saktika kepada Letkol Laut (P) Tomi Erizal yang sebelumnya bertugas sebagai Staf Operaional di Mabes TNI AL. Sementara itu Agung Jaya Saktika mendapat tugas baru sebagai staf pengajar di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) di Jakarta.

Upacara serah terima jabatan dilaksanakan di lapangan sepakbola Sulaiman Abdullah, Tarempa, pada Selasa (9/9/2014). Upacara serah terima jabatan ini dihadiri langsung Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Sulistyanto.

Dalam kata sambutannya Sulistyanto mengatakan, serah terima jabatan seperti ini merupakan bagian pembinaan personel dan dinamika organisani di jajaran TNI AL. Hal ini diharapkan bisa menambah pengalaman kepada personel yang bersangkutan dalam meningkatkan karir melalui tugas dan tanggung jawab yang diemban.

"Serah terima seperti ini sudah biasa terjadi ditubuh TNI AL, di mana penyegaran perlu dilakukan agar bisa menciptakan inovasi baru," kata Sulistyanto.

Menurutnya, Lanal Tarempa merupakan perpanjangan tangan dari Lantamal IV Tanjungpinang yang bertugas meng-cover ancaman terehadap kedaulatan dan penyalagunaan yang terjadi di wilayah perbatasan. Tugas pokok lainnya, Lanal Tarempa harus berkontribusi kepada pemda seperti SAR dan penanggulangan bencana.

"Dalam bertugas komandan Lanal harus melaksanakan beberapa fungsi seperti fungsi menyediakan tempat labuh, perawatan personel dan lain-lain. Komandan Lanal juga harus bisa mewujudkan pangkalan yang aman dan terkendali sehingga terwujud kenyamanan bagi masyarakat," ujarnya.

Lanal Tarempa, kata Sulistyanto, harus bisa memberdayakan wilayah pertahanan untuk mendukung operasi laut. Apalagi menurutnya, Tarempa merupakan wilayah yang rawan dengan penyelundupan, pencurian harta karun, perompakan tindak pidana laut lainnya.

"Untuk itu perlu ada pengawasan dan pengendalian potensi maritim yang ada dan keberadaan pulau terdepan yang sedang menjadi prioritas TNI AL," katanya. (*)

Editor: Roelan