Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antrean Warnai Pengurusan Kartu Survei Biosolar di Pertamina Batam
Oleh : Gabriel P. Sara
Senin | 08-09-2014 | 13:25 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Antrean warga mewarnai proses pengurusan dan perpanjangan masa berlaku kartu survei biosolar di kantor Pertamina, kawasan Batam Center, Senin (8/9/2014).

Suhardin (38), warga Kavling Lama Punggur yang mengurus perpanjangan kartu survei tersebut, mengatakan, bingung dengan kinerja pemerintah sekarang yang menurutnya mempersulit warga.

"Lihat aja sekarang, sedikit saja yang urus perpanjangan kartu survei tapi lamanya minta ampun, bagaimana kalau ratusan orang," katanya

Tambah Suhardin, begitupun dengan antrian solar di SPBU, yang menggunakan kartu survei saja tidak kebagian solarnya. Padahal setiap pengisian yang menggunakan kartu survei dibatasi 30 liter saja, tapi kenapa masih saja langka BBM jenis ini di Batam.

"Kadang-kadang kita yang menggunakan kartu survei tidak kebagian solarnya, padahal sudah ada pembatasan pembelian," keluh Suherdin.

Namun demikian, Janter, warga Batuaji mengaku bisa memahami dengan pola yang diberlakukan oleh pemerintah dan Pertamina mengenai mekanisme pembelian solar subsidi.

"Memang harus seperti ini, karena banyak yang ikut ngantre solar tapi ternyata dijual lagi ke industri," kata sopir truk barang ini.

Dia juga menyatakan yang terpenting dari proses distribusi BBM ini adalah pengawasan yang dilakukan oleh aparat terkait.

"Kalau dibatasi tanpa diawasi ya sama saja. Banyak temuan satu mobil memiliki puluhan kartu survei dan diduga palsu. Polisi juga harus tegas, kalau menangkap penyeleweng BBM juga harus diproses hukum," ujarnya.

Editor: Dodo