Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tangki Minyak Terbakar di PT BMS, Empat Damkar Padamkan Api
Oleh : Gokli
Rabu | 03-09-2014 | 15:05 WIB
tangki_terbakar.jpg Honda-Batam
Tanki minyak di PT BMS yang terbakar.

BATAMTODAY.COM, Batam - Asap hitam tebal yang membumbung tinggi, seketika membuat warga Tanjunguncang geger. Diketahui, asap itu bersumber dari satu unit tanki yang disebut berisi Bahan Bakar Bakar Minyak (BBM)  di PT Batamitra Sejahtera (BMS) Tanjunguncang yang terbakar, Rabu (3/9/2014) siang.

Belum diketahui apa penyebab tanki tersebut sampai terbakar. Namun, beberapa warga di lokasi mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, dan berhasil dipadamkan setelah empat unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) diturunkan ke lokasi.

Seorang pekerja yang ditemui di lokasi, Joni menyampaikan api yang mengakibatkan tanki terbakar diduga akibat percikan dari puntung rokok. Sebab, tanki yang berada dekat penampungan sampah itu berisi minyak sisa, sehingga percikan dari puntung rokok langsung mengakibatkan kebakaran.

"Mungkin ada yang merokok. Sementara tanki itu berisi kerak minyak sisa," ujarnya.

Di tempat terpisah, Kapolsek Batuaji Kompol Zaenal Arifin dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran di lokasi PT BMS. Hanya saja, katanya pihak perusahaan tidak membuat laporan.

"Tadi saya lagi lakukan pengawalan terhadap aksi demo buruh di Tanjunguncang. Gumpalan asap tebal nampak muncul dari PT BMS itu," kata dia, ditemui di Tanjunguncang.

Menurutnya, kebakaran itu akibat kelalaian perusahaan. Kendati tidak berdampak luas dan menonjol, tapi tak bisa dipungkiri kepulan asap itu sempat menyita perhatian warga.

"Mungkin saja ada yang sengaja membakar, karena posisinya dekat tumpukan sampah. Kebetulan tanki itu masih berisi minyak sisa. Tapi tak ada yang menonjol di situ," tegasnya.

Editor: Dodo