Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Permudah Pengangkutan, Warga Diimbau Sediakan Tempat Sampah
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 29-08-2014 | 11:57 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk mendukung kelancaran pengangkutan sampah di setiap perumahan dan pertokoan, Dinas Kebersihan dan Pertamana (DKP) mengimbau agar menyediakan bak sampah.

Kabid Kebersihan DKP Batam, Yudi Admaji mengaku pihaknya kesulitan untuk mengangkut sampah di Batam, khususnya wilayah Batuaji dan Sagulung lantaran setiap rumah dan pertokoan banyak yang belum menyediakan bak sampah.

"Banyak keluhan pekerja pengangkut sampah yang mengeluh banyak perumahan dan pertokoan tidak menyediakan bak sampah, sehingga sampah sulit untuk diangkut," ujar Yudi, Jumat (29/8/2014).

Yudi menyebut laporan yang diterima dari petugas pengangkut sampah mendapati banyak rumah maupun toko yang hanya menggantungkan plastik berisi sampah ke pagar. Hal ini membuat lingkungan tidak bersih dan kumuh.

"Bukan hanya kesulitan mengangkut sampah saja hal tersebut juga membuat rumah dan lingkungan sekitar terlihat kumuh," ujarnya.

Sesuai Peraturan Daerah Kota Batam no 11 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah, disebutkan adanya kewajiban setiap rumah dan pertokoan menyiapkan tempat sampah agar menjamin terjaganya kebersihan dan keindahan Kota Batam

Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) mutlak diperlukan agar tidak terjadi penumpukan sampah di sembarang tempat. Hal ini akan memudahkan petugas kebersihan mengangkutnya ke tempat pembuangan akhir sampah (TPAS).

Selain perumahan dan pertokoan, sarana tersebut harus tersedia di pasar tradisional maupun pasar modern. Sarana TPSS ini memudahkan pedagang dan warga untuk membuang sampah di pasar.

"DKP sudah meletakan bak sampah di pasar contohnya STC Simpang Basecamp, Pasar Fanindo tinggal bagaimana masyarakat memperlakukan bak sampah tersebut," pungkasnya.

Editor: Dodo