Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gardu PLN Meledak, Warga Bakar Batu Berhamburan ke Luar Rumah
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 28-08-2014 | 10:07 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gardu pengaturan aliran listrik milik di Jalan Bakar Batu Tanjungpinang meledak. Hal ini membuat warga terkejut dan berhamburan ke luar rumah, Kamis (28/8/2014) sekitar pukul 9.30 WIB.

Ajo, salah seorang pedagang buah di Jalan Bakar Batu Tanjungpinang mengatakan, suara ledakan terdengar sekitar 50 meter dari lokasi tempatnya berjualan. Selain ledakan yang sangat keras, percikan api dibarengi asap tebal juga terlihat di atas gardu listrik. 

"Sebelum meledak, kami melihat ada percikan api dan ledakanya sangat kuat," ujar Ajo.

Ajo juga mengatakan sebelum mengalami ledakan, memang gardu PLN yang persis berada di pinggir gang masuk Jalan Potong Lembu itu sering bermasalah dengan mengeluarkan percikan api, namun tidak sampai meledak. 

"Setelah meledak, tiga kabel di atas gardu telihat putus, kami juga tidak tahu apa penyebabnya, tapi petugas PLN sudah turun ke lokasi, untuk melakukan perbaikan," kata dia.

Hal yang sama juga dikatakan, Lili, warga setempat yang menyebut ledakan itu mengagetkan diri dan keluarganya sedang berada di dalam rumah. "Kita pikir suara tembakan, rupanya gardu PLN yang meledak," kata Lili.

Selain membuat warga terkejut, meledaknya gardu listrik PLN ini juga mengundang perhatian sejumlah warga pengguna jalan. Akibatnya, kemacetan pancang yang mencapai 1 kilometer tidak terhindarkan di jalan satu arah dari arah Pasar Tanjungpinang menuju Batu Tiga tersebut. 

Hingga berita ini diunggah, belum ada penjelasan dari PLN penyebab meledaknya gardu tersebut. Sementara tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini hingga saat ini aliran listrik di kawasan Bakar Batu dipadamkan. 

Editor: Dodo