Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PLN Temukan Instalasi Listrik Perumahan di Tanjungpinang Banyak yang Bermasalah
Oleh : Habibi
Selasa | 26-08-2014 | 09:05 WIB
listrik-rumah.jpg Honda-Batam
Ilustrasi instalasi listrik di perumahan. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Masyarakat di Tanjungpinang diimbau hati-hati dan teliti sebelum membeli rumah. PLN menemukan, instalasi listrik di perumahan di Tanjungpinang banyak yang bermasalah, sehingga membahayakan pemilik rumah.

"Kita sekarang telah punya tim pemeriksa. Jika memang ingin membeli rumah, koordinasikan ke kami agar kami periksa jaringan listriknya. Soalnya, kami banyak menemukan instalasi listrik di perumahan siap huni tidak sesuai ketentuan. Itu membahayakan pemilik rumah, rawan terjadi korsleting dan berakibat fatal nantinya," kata Tajuddin, Asisten Manajer Area PT PLN Tanjungpinang. Senin (25/8/2014).

Tajudin mengakui, PLN sering menemukan instalasi asal pasang seperti itu, tidak teratur, hingga penggunaan pipa dan kabel yang tidak sesuai dengan ketentuan keamanan kelistrikan. "Apalagi sekarang banyak tu kejadian kebakaran karena korsleting listrik. Jadi, calon pemilik rumah harus berhati-hati karena ini demi keselamatan Anda," imbau Tajuddin.

Dia juga mengimbau masyarakat jangan mudah percaya terhadap pihak instalatur yang mengaku sudah biasa memasang instalasi listrik perumahan. "Lihat dulu izinnya, resmi atau tidak? Selain itu pelanggan jangan sembarangan menambahkan daya listrik dengan meminta bantu oknum yang mengerti listrik dengan menggantikan MCB berkapasitas besar. Sebab itu melanggar peraturan," terangnya.

Dia menegaskan, semua pelanggaran itu akan dikenakan sanksi. Pihak PLN sudah mulai melakukan pemeriksakan. Oleh karena itu pelanggan diimbau jangan sampai melakukan hal-hal yang dilarang oleh pihak PLN.

"Masyarakat bisa saja kena sanksi akibat perilaku mereka (instalatur, red). Kalau kedapatan pasti kita berikan sanski," tegas Tajudin lagi. (*)

Editor: Roelan