Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baru 11 Kementerian dan 2 Daerah yang Terintegrasi Link CPNS
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 26-08-2014 | 08:57 WIB
eko-prasojo.jpg Honda-Batam
Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (Wamen PAN dan RB), Eko Prasojo.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (Wamen PAN dan RB), Eko Prasojo mengatakan baru 11 kementerian dan lembaga serta dua daerah yang baru terintegerasi dengan sistem online Nasional Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Untuk Kepri sendiri masih akan dilakukan verifikasi jabatan dan formasi yang diusulkan. 

"Yang telah terintegrasi sudah 168 instansi, namun yang baru online ke sistei nasional baru 11 kementeraan dan lembaga ditambah dua daerah. Daerah lainnya akan secepatnya kita integrasikan ke Sistim Penerimaan CPNS Nasional secara online," kata Eko saat melaksanakan simulasi CAT Penerimaan CPNS di Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Senin (25/8/2014).

Eko mengatakan, Kabupaten/Kota yang ada di Kepri baru Kabupaten Lingga yang telah ditetapkan formasi dan jabatannya, sementara yang lain masih menunggu penetapan formasi dan jabatan dari Kementerian PAN.

"Untuk pendaftaran semua masuk keportal nasional, yaitu panselnas.menpan.go.id, nanti dari situ akan tersambung ke kementrian dan lembaga, provinsi dan kabupaten/kota, jadi sistemnya begitu masuk nanti harus online juga dari provinsi dan kabupaten kota, jadi peserta bisa mengisi," ujar Eko. 

Jika pendaftar tidak dapat juga mengakses web perndaftaran yang telah diberikan, Eko mengatakan KemenPAn telah menyeiapkan caa kedua untuk mempermudah para ppendaftar masuk ke web yang telah ditentukan.

"Nanti setelah gagal mendaftar beberapa kali, pendaftar akan diberikan password, dari password itulah dia bisa masuk," terang Eko.

Terkait susahnya mengakses portan nasional tersebut, Eko mengaku bahwa memang permasalahannya adalah kapasitas bandwidth yang ditargetkan oleh KemenPAN melebihi kuota. Dia mengaku, Ekspektasi dari KemenPAN hanyalah 2 juta orang yang akan membuka bersamaan, tapi kenyataannya melebihi dari itu.

"Sekitar 5 juta orang yang membuka bersamaan, jadi over sehingga sistimnya ngadat. Masalah ini sudah kita perbaiki dan sudah kita tambah kapasitasnya, mulai hari ini 5 juta orang bisa buka bersamaan," terang Eko.

Terkait pendaftaran, masa pembukaan pendaftaran dilakukan selama 14 hari sejak Kementrian dan lembaga, provinsi atau kabupaten/kota mulai online. Untuk Provinsi Kepri dan kabupaten/kota yang ada di Tanjungpinang, Eko mengatakan akan online setelah ditentukannya formasi dan jabatan.

"Tapi kita minta juga kepada daerah untuk menyambungkan link online-nya itu," tutur Eko. 

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawai Daerah Provinsi Kepri, Abdul Malik mengatakan untuk Kepri, dia pun belum tahu pasti kapan akan dimuali pendaftaran. pasalnya, pihaknya juga tengah menunggu persetujuan dari Kemen PAN terkait usulan jabatan dan formasi yang telah mereka ajukan untuk 199 orang.

"Kita tunggu besok atau lusa, kemungkinan ada kabar baik," tutur Abdul Malik.

Saat ini, Provinsi Kepri tengah mengadakan simulasi dan sosialisasi sistem CAT kepada pendaftar yang berjumlah 1000 orang. Dia mengatakan, sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada para pendaftar CPNS tentang sistem ujian kompetensi dasar menggunakan CAT.

"Untuk CAT sendiri, saya kira masing-masing kabupaten/kota ada dan mudah-mdauahn sudah paham. ini adalah ujian pertama, karena setelah lulus dari cat ini nantinya akan ujian kompetensi bidang berupa tes wawancara dan tertulis," pungkasnya.

Editor: Dodo