Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyelewengan BBM di Batam Marak, Oknum Petugas SPBU Diduga Ikut 'Bermain'
Oleh : Romi Chandra
Senin | 25-08-2014 | 11:50 WIB
antre_regata.jpg Honda-Batam
Antrean kendaraan mendapatkan solar di SPBU Regata.

BATAMTODAY.COM, Batam - Penggunaan kartu survei bio solar yang dikeluarkan Pertamina, ternyata masih belum bisa mencegah terjadinya penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar oleh para maniak bahan bakar bersubsidi ini.

Pasalnya, masih ada antrian panjang para pelansir solar di SPBU yang ada di Batam. Salah satunya SPBU yang berada di dekat bundaran Simpang Regata, Batam Center.

Antrian panjang kendaraan dengan tangki telah di modif agar bisa menampung ribuan liter solar bersama truk-truk yang memang menggunakan BBM jenis solar hampir terjadi  setiap pagi.

Parahnya lagi, antrian ini sampai sampai memakan jalan hingga ke bundaran, sehingga menghambat aktivitas pengguna jalan di sekitar SPBU tersebut.

"Setiap hari pasti ada antrian panjang di SPBU ini. Memang ada truk-truk, tapi lebih banyak mobil pelangsir," kata Toni, salah satu warga di sekitar SPBU, Senin (25/8/2014) pagi.

Malahan, aktivitas penyelewengan solar ini, di duga merupakan permainan oknum petugas SPBU, sehingga para pelansir bisa memiliki dua atau lebih kartu survei bio solar.

Informasi yang di dapat, modus para oknum petugas SPBU ini, menyediakan kartu survei dan membagikan kepada setiap pelangsir secara cuma-cuma.

Melihat kondisi ini, tentunya yang perlu diberikan tindakan tegas tidak hanya para pelangsir, namun juga dari oknum petugas SPBU yang bermain. 

Editor: Dodo