Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Soal Pengelolaan Listrik, Anambas Ingin Tiru Kabupaten Badung
Oleh : Nursali
Senin | 25-08-2014 | 09:32 WIB
Bupati_Anambas_TM.jpg Honda-Batam
Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin tertarik dengan penerapan energi yang dilakukan oleh Kabupaten Badung, Bali. Kabupaten tersebut merupakan kandidat kuat untuk meraih penghargaan energi kategori prabawa telah menerapkan pengolahan sampah menjadi energi listrik.

"Di Kabupaten Badung, Bali sangat menarik. Mereka sudah bisa mengolah sampah menjadi energi listrik. Kita akan belajar nanti. Kita akan mengirim beberapa orang ke sana. Bagaimana mereka mengolah sampah menjadi energi listrik," kata Tengku Mukhtaruddin, Minggu (24/8/2014). 

Meski sempat pasrah untuk meraih posisi kabupaten terbaik se-Indonesia di bidang kelistrikan itu gagal, namun sejumlah dewan juri yang berasal dari Dewan Energi Nasional, Kementrian ESDM, serta berbagai LSM itu memilih Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai kabupaten terbaik se-Indonesia di bidang kelistrikan.

Bupati juga menambahkan ada beberapa kredit poin yang menjadi pertimbangan, hingga akhirnya Anambas dapat dipilih sebagai kabupaten terbaik mengalahkan sejumlah kabupaten/kota lainnya yang didaulat menjadi nominator untuk meraih penghargaan yang diberikan oleh Kementrian ESDM.

Hal yang utama menurut Tengku adalah pemerataan pembangunan kelistrikan sampai ke polosok desa. Serta kebijakan pengalokasian anggaran untuk pembangunan jaringan.

"Yang ini tidak pernah terjadi di daerah lain. Sebagai bukti pengalokasian pemerataan pembangunan kita sampai ke desa dan kelurahan. Pertama, rumah-rumah masyarakat tidak mampu kita bangun PLTS. Kemudian, pelabuhan-pelabuhan perikanan, pelabuhan-pelabuhan masyarakat dipedesaan pada umumnya sudah kita bangun PLTS. Sehingga, pada malam hari itu ada kehidupan, cahaya di desa maupun kelurahan. Itu yang merupakan kredit point kita," ungkap Bupati.

Tengku juga mengatakan, fokus utama di bidang kelistrikan saat ini adalah pemerataan genset, penggunan solar, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), hingga Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). 

Dirinya juga berharap dengan didaulatnya Anambas sebagai kabupaten terbaik se -Indonesia di bidang kelistrikan, sejumlah pihak yang berkenaan dengan bidang kelistrikan ini dapat berkontribusi dalam peran serta membantu bidang kelistrikan di Anambas. 

"Sejak awal kita sudah konsen dengan pembangunan kelistrikan, tentu akan menggugah PLN untuk membantu kita nantinya. Dengan perolehan ini tentunya mereka juga mau membantu kita lebih baik lagi kedepannya,"katanya.

Editor: Dodo