Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sembilan Desa di Lingga Bakal Terima Dana PPIP
Oleh : Nur Jali
Senin | 25-08-2014 | 09:24 WIB
bantuan uang.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lingga akan menyalurkan bantuan Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) kepada sembilan desa di tiga kecamatan, Kabupaten Lingga pada tahun 2014 ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lingga Muhammad Ihsan Fansury mengatakan PPIH merupakan program dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum. Untuk itu dirinya berharap agar program ini dapat dikelola sebaik mungkin, melalui panitia yang dibentuk oleh desa untuk mengelola program ini.

"Bangunan yang dibuat melalui dana PPIH ini, harus dikelola dengan baik oleh desa, harus dimulai dari nol dan harus siap, tidak boleh digunakan untuk renovasi," kata Iksan, Senin (25/8/2014).

Adapun sembilan desa yang mendapat bantuan PPIH ini antara lain, dari Kecamatan Lingga ada Kelurahan Daik, Desa Panggak Laut dan Desa Kerandin. Kecamatan Lingga Utara ada Kelurahan Pancur sendiri, Desa Resun, dan Desa Duara. Seementara untuk Kecamatan Singkep Barat yang akan menerima dana PPIH ini adalah Kelurahan Raya, Desa Sungai Buluh dan Desa Kuala Raya.

"Saat ini pelaksanaanya baru tahap sosialisasi dan penyerahan SK kepada desa yang dapat bantuan tersebut, setelah ini barulah uangnya dicairkan, " ungkapnya.

Staf pelaksana teknis dari Dinas PU Lingga yang menangani PPIH ini, Apriani mengatakan dana yang diterima oleh setiap desa berjumlah Rp100 juta. Dana tersebut akan dikelola oleh OMS ( Organisasi Masyarakat Setempat) yang dibentuk oleh rapat masyarakat desa.

"Totalnya sekitar sembilan ratus juta, nanti akan dibagi ke sembilan desa, masing-masing dapat seratus juta," kata Afriani yang ditunjuk sebagai tim teknis dari Dinas PU.

Selain itu bangunan yang dibangun dari anggaran ini haruslah bangunan dari awal bukan bangunan rehab, dan pelaksanaannya juga harus selesai seratus persen. 

Editor: Dodo