Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pos Pemadam Kebakaran di Tanjungpinang Disebar di Lima Lokasi
Oleh : Habibi
Sabtu | 23-08-2014 | 14:33 WIB
lis darmansyah wawancara.jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pos pemadam kebakaran di Tanjungpinang akan disebar di lima lokasi. Hal itu dimaksudkan agar petugas pemadam kebakaran bisa bergerak cepat untuk ketika menerima laporan adanya kebakaran.

"Pengalaman yang ada selalu menunggu karena jarak lokasi kebakaran dengan pos pemadam terlalu jauh. Jadi, ke depan akan kita bagi," kata Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, Sabtu (23/8/2014).

Kelima pos pemadam kebakaran tersebut antara lain di kantor Wali Kota Tanjungpinang di Senggarang, Bintan Center, Sukaberenang (Jalan Ir Sutami), Dompak, dan di gedung Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Semenetara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sendiri akan berkantor di Sukaberenang.

Dia mengakui, penyebaran pos tersebut akan berdampak kepada bertambahnya kebutuhan mobil pemadam kebakaran. Apalagi, menurutnya, jumlah armada mobil pemadam kebakaran yang ada saat ini pun masih kurang.

"Kalau lima pos, idealnya kita butuh 15 unit kendaraan. Setiap pos ada dua unit mobil besar dan satu unit mobil kecil. Sementara sekarang ini kita hanya ada lima unit. Tapi akan kita upayakanlah," katanya.

Lis mengatakan tahun ini akan ada bantuan mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sebanyak satu unit. Kemudian, Gubernur Kepulauan Riau juga berjanji akan menghibahkan satu unit mobil pemadam kebakaran lagi tahun depan.

"Kita akan upayakan karena memang mobil itu mahal. Apalagi yang ada tangganya, itu harganya belasan miliar, dan kita butuh juga. Tapi perlahanlah," ujar Lis.

Tahun ini, Lis menambahkan, ada bantuan satu unit mobil pemadam kebakaran multifungsi dari Pemko Tanjungpinang untuk BPBD. (*)

Editor: Roelan