Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasar Puan Maimun Blok B Karimun Resmi Beroperasi
Oleh : Khoiruddin Nasution
Jum'at | 22-08-2014 | 16:45 WIB
pasar_puan_maimun_resmi.jpg Honda-Batam
Aktivitas ekonomi di Pasar Puan Maimun blok B, Karimun yang baru diresmikan.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pasar Puan Maimun Blok B Kelurahan Sei Lakam, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun resmi beroperasi, Jumat (22/8/2014). Peresmian yang dilakukan Bupati Karimun, Nurdin Basirun itu juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Karimun, tokoh-tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Nurdin menyampaikan bahwa fungsi pasar bisa juga menjadi tempat bersilaturahmi sesama masyarakat. "Kita lihat saja jika mendatangi pasar. Setiap pembeli barang pasti terjadi tawar menawar. Hal itulah yang menimbulkan silaturahim, serta saling mengenal satu dengan lainnya," kata Nurdin singkat.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Kadiskop, UKM dan Perindag) Kabupaten Karimun, M. Hasbi menjelaskan, relokasi pedagang Pasar Puakang ke Puan Maimun Blok B dilaksanakan ini untuk mendorong perekonomian, produsen pemerintah maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Sedangkan tujuan relokasi di samping agar terciptanya tata kota yang rapi dan indah, diharapkan juga agar pendapatan pendagang lebih meningkat, karena lokasi yang disediakan lebih strategis sehingga konsumen akan bertambah banyak nantinya.

"Relokasi pedagang ini berdasarkan keputusan Bupati Karimun, dengan pertimbangan, Pasar Puakang sudah tidak layak dan sangat kumuh serta tidak berfungsi sebagai tempat jual-beli, melainkan sebagai tempat interaksi sosial tiap individu diruang publik,'' ungkap Hasbi.

Dijelaskan, jumlah pedagang yang direlokasi dari Pasar Puakang ke Puan Maimun Blok B sebanyak 567 tempat jualan, terdiri dari meja, kios foodcourt serta pedagang kaki lima (PKL).

"Dari jumlah keseluruhan tersebut, ditempati pedagang ikan, sayuran, daging, buah-buahan, bumbu masakan giling, santan, kedai kopi, dan makanan olahan," terangnya mengakhiri.

Editor: Dodo