Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Tanjungpinang Serahkan Proses Penyidikan ke POMAL

Pelaku Pelangsir Solar Berkedok Tanki Air Bersih Ternyata Oknum TNI AL
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 18-08-2014 | 17:10 WIB
oknum marinir pelangsir solar.jpg Honda-Batam
Oknum TNI AL bernisial Sg (mengenakan t-shirt putih bertuliskan "Fly Emirates") saat dijemput atasannya dari Mapolres Tanjungpinang. (Foto: Charles Sitompul/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Identitas sopir truk pelangsir solar, dengan modus menggunakan truk tangki air BP 9472 TA yang diamankan polisi siang tadi, ternyata oknum TNI AL berinisial Sg. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, Polres Tanjungpinang menyerahkan proses penyelidikan ke Polisi Militer TNI Angkatan Laut (POMAL).

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Dwita Kumu Wardana, melalui Kasubag Humas Polres Tanjungpinang, Ipda Yuhendri, membenarkan jika sopir supir pelangsir sekaligus pemilik truk tangki air yang berhasil diamankan Polsek Tanjungpinang Timur di Km 14 Jalan Tanjungpinang adalah oknum TNI AL.

"Karena dia (oknum) anggota TNI AL, maka penyelidikan dan penyidikannya kita serahkan ke POMAL," ujar Yuhendri, kepada wartawan di Mapolres Tanjungpinang, Senin (18/8/2014).

Yuhendri memaparkan, penangkapan itu bermula saat Kapolsek Tanjungpinang Timur yang sedang melakukan patroli, berpapasan dengan truk tangki yang dibawa Sg. Poplisi curiga karena pada tangki truk itu tertuls "Air Bersih" sementara rangka dan mesin pompa penyedotnya penuh dengan minyak dan debu.

"Saat itu langsung diamanakan dan dilakukan pemeriksaan. Ternyata isi dalam tangki adalah solar bukan air sebagaimana yang tertulis di belakang tangkinya," ungkap Yuhendri.

Selanjutnya, mobil dan sopir yang awalnya belum diketahui identitasnya itu dibawa dan diamankan ke Mapolres Tanjungpinang. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata Sg merupakan anggota TNI-AL berpangkat Kopral dari satuan Denma Lantamal IV Tanjungpinang.

Oknum TNI AL itu dijemput oleh atasannya, yang menurut anggota polisi akan diserahkan ke POMAL. Sementara itu, Sg dan atasannya menolak berkomentar kepada wartawan. Keduanya langsung masuk ke dalam mobil Mitsubishi Pajero warna hijau BP 5 RI yang menjemputnya di pelataran Satlantas Polres Tanjungpinang.

Sementara itu, Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Sulistyanto, yang dikonfirmasi terkait keterlibatan oknum TNI AL Sg dalam kativitas pelangsiran solar bersubsidi ini, belum memberi jawaban. Pesan singkat yang dilayangkan juga belum dibalas.

Terpisah, Komandan POMAL Lantamal IV Tanjungpinang, Letkol Laut (PM) RP Adi Prasetio, membenarkan pelimpahaan penyidikan oknum anggota TNI AL atas nama Kopral Sg dari Polres Tanjungpinang.

"Iya benar, laporannya baru saya dapat dan sudah dilimpahkan polisi ke POMAL. Saat ini, yang bersangkutan sudah kita tangani dan kita lakukan proses penyelidikan dan penyidikan," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Senin sore.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, berkedok pengangkut tangki air bersih, sebuah truk tanki pelangsir dan penimbun solar yang diduga dikelola oknum TNI, diamankan polisi di depan kantor Lurah Pinang Kencana, Km 14 Jalan Tanjunguban, sekitar pukul 12.00 WIB, Senin (18/8/2014) sekitar pukl 12.00 WIB.

Selain mengamankan truk tangki berkapasitas 5.000 liter, polisi juga mengamankan sopir dan sekaligus diduga pemilik tangki solar yang di belakang tangkinya ditulis 'Air Bersih' itu. (*)

Editor: Roelan