Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMA dan SMK di Tanjungpinang Belum Terima Buku Kurikulum 2013
Oleh : Habibi
Jum'at | 15-08-2014 | 11:08 WIB
dadang ag.JPG Honda-Batam
Dadang AG, Kepala Disdikbud Kota Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Dadang AG, menyatakan, buku-buku pelajaran sesuai Kurikulum 2013 sejatinya sudah harus diterima sekolah paling lambat hari ini. Menurut Dadang, "deadline" itu ditegaskan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Musliar Kasim.

"Seharusnya hari ini (sudah sampai) sesuai amaran Wamendikbud, tapi masih banyak sekolah terutama SMA dan SMK belum menerima buku," kata Dadang, di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Tanjungpinang, Kamis (14/8/2014) malam di sela-sela pengukuhan anggota Paskibraka.

Dadang tak bisa memastikan kapan buku-buku itu diterima sekolah karena tergantung penerbit. Kendati demikian, dia yakin penerapan Kurikulum 2013 di Tanjungpinang tidak akan terkendala. Siswa dapat belajar seperti biasa karena para guru telah diberikan CD pembelajaran yang berisikan materi-materi di dalam buku.

"Semua sudah ada di CD itu. Meskipun belum ada buku, siswa bisa belajar dengan infokus, atau guru membuatkan hardcopy mengenai tema yang akan dipelajari dan diberikan ke siswa," kata Dadang.

Meskipun menggunakan hardcopy, Dadang tetap melarang guru untuk memungut uang kepada siswa. "Tapi jika memang dana sekolah tidak memadai, ya dibicarakan baik-baik dengan siswanya sembari menunggu buku datang untuk jenjang SMA/SMK dan buku agama tadi," kata Dadang. (*)

Editor: Roelan