Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hujan Guyur Batam, Waspadai Demam Berdarah
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 14-08-2014 | 13:59 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Seiring dengan seringnya hujan mengguyur Batam dalam beberapa hari terakhir, warga diimbau mewaspadai berjangkitnya demam berdarah dengue atau DBD.

Dalam enam bulan terakhir 2014 menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam Chandra Rizal sudah 32 orang yang diindikasikan penderita penyakit demam berdara satu orang dinyatakan tewas

"Tahun lalu jumlah penderita DBD di Batam dari Januari hingga akhir Juli, sebanyak 89 dan enam dinyatakan tewas akibat penyakit yang berbahaya," ujar Chandra. Kamis (14/8/2014).

Chandra menyarankan agar warga yang sakit seperti demam, sebaiknya langsung dicek atau berobat ke klinik atau puskesmas terdekat untuk pencegahan dan pendeteksian dini.

"Jangan nanti demam dan panas badan sudah lima hari baru berangkat berobat. Segera (berobat) agar bisa diketahui sakit apa sebenarnya supaya pengobatannya juga cepat dan tepat," ujar Candra

Sementara, Kabid Kesehatan Dinkes Sri Rupiati mengaku DBD terus ada penurunan dan diupayakan akan terus menurun. Tercatat pada 2012 terhitung dari Januari-Juli sebanyak 90 penderita dan tiga diantaranya meninggal.

Pada 2013 sebanyak 89 penderita dan meninggal 6 orang sedangkan pada 2014 terjadi penurunan drastis hanya 32 penderita DBD dan satu diantaranya tewas

"Penyakit ini mulanya memang hanya gejala demam dan padan badan, tetapi masyarakat jangan anggap sepele, segera cek ke rumah sakit apa bila terdapat kejala DBD," pungkasnya.

Editor: Dodo