Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wah, Oknum TNI AL Diduga 'Nyolong' Kotak Infak Masjid
Oleh : Habibi
Rabu | 13-08-2014 | 17:36 WIB
POMAL bawa kotak infak.jpg Honda-Batam
Anggota POMAL mengamankan bersama barang bukti berupa kotak infak. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Oknum TNI AL berinisial Im dan berpangkat Sersan Dua, diduga berusaha mencuri kotak amal Masjid Istiqomah, simpang Perla, Tanjungpinang, Rabu (13/8/2014) siang sekitar pukul 14.45 WIB tadi.

Menurut Yasin, pengurus masjid sekaligus saksi mata, saat itu memang masjid dalam kondisi sepi. Dia mengaku sedang berada di dalam masjid sendirian.

"Tiba-tiba saya melihat ada orang masuk ke masjid dan langsung membawa kotak infak dan diangkut ke motornya," kata Yasin menceritakan kepada wartawan saat ditemui di Mapolsek Bukit Bestari.

Melihat pelaku membawa kotak amal dan mulai menghidupkan motornya, Honda Beat putih, Yasin langsung melompat ke arah pelaku dan mencoba menggagalkan percobaan pencurian itu. "Saya naik motornya, boncengan kami. Lalu saya cekik dia dari belakang, dan kami jatuh dari motor berdua. Dia tidak sampai keluar gerbang, langsung saya teriak minta tolong," kata Yasin.

Mendengar teriakan Yasin, warga kawasan tersebut langsung berdatangan menolong yasin dan menangkap pelaku tersebut. "Dia langsung diamankan, tangannya diikat dan langsung kami bawa ke kantor polisi," ujar Yasin.

Pantauan BATAMTODAY.COM, saat itu terlihat sejumlah anggota TNI AL dan Polisi Militer AL (POMAL) mendatangi Mapolsek Bukit Bestari. Namun, semuanya bungkam. Bahkan wartawan juga tidak dapat melihat wajah pelaku ataupun mewawancarai karena langsung diamankan dan dibawa menggunakan mobil oleh dua orang POMAL.

Kepala Unit Resort Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Bukit Bestari, Iptu Effendri Ali, mengakui jika pelaku pencurianitu anggota TNI AL. Pasalnya dia mengatakan, pelaku memang langsung dibawa ke POMAL beserta barang buktinya.

"Dia sudah dibawa ke markas POMAL karena dia anggota TNI. Jadi, ranahnya di sana. Itu permintaan dari mereka (pihak TNI AL, red), ya kita serahkan. Untuk lebih lanjut langsung saja ke POMAL," kata Effendri.

Pihak kepolisian banyak tutup mulut terkait hal ini. Saksi mata pun setelah dilakukan pemeriksaan malah langsung 'kabur'. (*)

Editor: Roelan