Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

21 Guru dan Pengawas Wakili Kepri di Ajang PTK Beprestasi Nasional
Oleh : Habibi
Selasa | 12-08-2014 | 15:45 WIB
ptk berprestasi kepri rapat.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Yatim Mustafa, bersama para PTK berprestasi yang akan dikirim berkompetisi di Jakarta. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 21 pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) akan mewakili Kepulauan Riau (Kepri) akan mengikuti ajang PTK Berprestasi Nasional di Jakarta. Namun Dinas Pendidikan Kepri tak menargetkan yang muluk-muluk.

"Ada 21 orang guru, kepala sekolah dan pengawas dari jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga SMA/SMK kita kirim untuk mengikuti ajang PTK berprestasi tingkat nasional," tutur Muhammad Yunus, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan (PSDMP), Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, usai pertemuan dengan para guru di kantor Dinas Pendidikan Kepri, Selasa (12/8/2014).

Yunus mengatakan, PTK yang paling banyak dikirim adalah dari Tanjungpinang sebanyak 6 orang,  dari Kota Batam sebanyak 4 orang, Kabupaten Bintan 4 orang, Kabupaten Lingga 4 orang, Kabupaten Karimun 2 orang dan Natuna 1 orang. "Yang diperlombakan ada 24 kategori, namun kita hanya bisa mengirimkan 21 kategori saja," tutur Yunus.

Kategori yang dikirimkan oleh Kepri antara lain guru TK berprestasi, kepala TK berprestasi, guru SD berprestasi, kepala SD berprestasi, pengawas SD berprestasi, tutor paket A berprestasi, tutor paket B berprestasi, guru SDLB berprestasi, guru SD daerah khusus berdedikasi sebanyak 2 orang, guru SMP berprestasi, kepala SMP berprestasi, pengawas SMP berprestasi, guru dan kepala SMA berprestasi, guru SMALB berprestasi, pengawas SMA berprestasi, guru SMK berprestasi, kepala SMK berprestasi, dan pengawas SMK beprestasi.

Yunus mengaku Dinas Pendidikan Kepri tidak menetapkan target. Namun, katanya, Kepala Dinas Pendidikan Kepri sendiri mengharapkan para kontingen yang dikirim dapat kembali mengharumkan nama Kepri di kancah nasional. Pasalnya, ada beberapa kategori yang pernah diraih oleh guru-guru utusan Kepri pada 2012 dan 2013.

"Prestasi yang dicapai pada tahun 2012 itu kita mendapatkan juara II kepala sekolah berprestasi, yaitu Kepala SMAN 2 Tanjungpinang sekarang, Encik Abdul Hajar. Kemudian tahun 2013, juara II juga untuk katagori guru TK berprestasi tingkat nasional yang diraih Muriani dan kepala SMK berprestasi dapat juara III nasional atas nama Deden Suryana," terang Yunus. (*)

Editor: Roelan