PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Pembobolan Toko Komputer Sun Tech

Saat Kabur Pelaku Sempat Lihat Polisi Melintas
Oleh : Hendra Zaimi
Sabtu | 04-06-2011 | 13:05 WIB
Maling-komputer-notebook.jpg honda-batam

Batam, batamtoday - Pelaku pembobolan toko komputer Sun Tech di pertokoan Windsor Centre Blok A/1 sempat melihat anggota polisi dari Satlantas Polresta Barelang yang melintas di lokasi saat sedang berpatroli saat hendak kabur usai melakukan aksinya, Sabtu, 4 Juni 2011 sekitar pukul 5.30 WIB.

"Pelakunya berjumlah tiga orang, salah satu dari pelaku melihat ada polisi yang melintas dan meberitahukan kepada rekannya yang lain," kata seorang warga yang enggan namanya disebutkan mengulang pembicaraan dari saksi kepada anggota Buser Polsekta Lubuk Baja yang turun ke lokasi kejadian.

Dia menambahkan, saksi itu adalah pemilik toko asesoris mobil yang hanya berada dua toko dari lokasi kejadian. Saksi saat itu baru keluar dari tokonya dan mendengar suara ribut dari pembicaraan pelaku, namun pada awalnya pelaku tidak mengetahui kalau toko Sun Tech telah dibobol kawanan maling.

"Setelah mendengarkan pembicaraan itu dan merasa takut saksi kembali masuk ke toko miliknya," lanjutnya. 

Pelaku pembobolan memang tergolong berani dalam menjalankan aksi mereka, sebab tidak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP) berdiri pos polisi tepat dekat Apartemen Harmoni, selain itu keberadaan toko yang berada di dekat jalan protokol di Windsor Nagoya yang selalu ramai dilewati pengendara.

Sementara itu, Kapolsek Lubuk Baja Kompol Boy Herlambang melalui Kanit Reskrim, Ipda Chrisman Panjaitan mengatakan pihaknya sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku berdasarkan keterangan yang didapatkan dari TKP.

"Pelaku sedang kita kejar, secepatnya akan kita tangkap dan kami mohon doanya dari kalian semua," kata Chrisman.

Diberitakan sebelumnya, toko komputer Sun Tech di Pertokoan Windsor Center Blok A/1 Lubuk Baja, Batam, Jumat malam, 3 Juni 2011, dibobol maling mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah karena maling berhasil menggondol sekitar 30-an laptop berbagai merek yang ada di dalam toko.

Pelaku diperkirakan berjumlah tiga orang dan beraksi sekitar pukul 04.00 pagi hari dengan cara merusak teralis toko bagian depan.

Pemilik toko, Untung (30), sama sekali tidak mengetahui kalau tokonya dibobol maling walau dia dan karyawanya tinggal di lantai dua dari tokonya yang berbentuk ruko itu.

Dia baru mengetahui setelah pihak kepolisian Sektor Kota (Polsekata) Lubuk Baja yang kebetulan melakukan patroli menemukan kerusakan pada teralis depan toko, dan segera pemilik toko dibangunkan.

Untung, kepada petugas mengatakan, kerugian yang dialami berkisar ratusan juta, karena sekitar 30-an laptop dari berbagai merek berhasil digondol maling, diantaranya merek Acer, Asus dan Toshiba.

Toko Sun Tech adalah distributor resmi Laptop merek Acer, untuk wilayah Batam.

Pihak Polsekta Lubuk Baja, saat ini tengah melakukan penyelidikan kasus ini.