Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gapenta Batam Acungi Jempol Kinerja Polresta Barelang
Oleh : Hendra Zaimi
Sabtu | 11-12-2010 | 17:24 WIB

Batam, batamtoday - Kasus narkoba termasuk kasus terbesar yang terjadi di Kota Batam. Ini terbukti dari data yang diperoleh dari Polresta Barelang, tercatat 117 kasus, baik psikotropika dan narkotika sampai dengan awal Desember 2010.

Dari data tersebut, 66 kasus merupakan kasus psikotropika dan 51 kasus adalah kasus narkotika. Semua kasus narkoba di Batam itu dapat diungkap tuntas 100 persen oleh Polresta Barelang.

Menanggapi hal itu, Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba dan Tawuran (Gapenta) Batam memberikan apresiasi atas kinerja yang telah ditunjukan Polresta Barelang dalam penyelesaian kasus-kasus narkoba di Batam.

"Kita berikan acungan jempol kepada kepolisian, khususnya Polresta Barelang dalam pemberantasan narkoba di Batam," kata Eddy Simanungkalit, Ketua Gapenta Kota Batam, kepada batamtoday, Sabtu (11/12) di kantornya di daerah Batam Centre.

Dia menambahkan, kinerja polisi patut diberi dukungan oleh seluruh elemen masyarakat dalam memberantas peredaran narkoba, walaupun dalam praktek di lapangan ada kasus dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu yang hendak mendapatkan keuntungan dari peredaran narkoba itu sendiri.

Selain merupakan tugas dari kepolisian (pemberantasan narkoba, red), Gapenta Batam juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam memerangi narkoba. Mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat maupun pemerintah setempat.

Berdasarkan data yang ada di Gapenta Batam, kasus narkoba di Batam sudah merambah ke dunia pendidikan yang memakan korban para pelajar dan anak di bawah umur. Untuk itu, kata Eddy, peran serta orang tua dan lingkungan sekolah sangat membantu menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba.

"Perhatian keluarga menjadi kunci, karena pendidikan pertama berawal dari keluarga, baik pendidikan agama dan moral. Sehingga hal itu dapat mencegah generasi muda terjerumus dalam kehidupan  narkoba," jelas Eddy.

Peran serta pemerintah setempat juga sangat penting, karena jika sebuah pemerintahan daerah sudah memerangi narkoba dengan tegas, dan masyarakat mendukungnya, maka daerah itu terbebas dari bahaya narkoba.

"Apalagi Batam ini daerah kepulauan, yang banyak pintu masuk untuk masuk ke kota ini. Peran pemerintah dan aparat keamanan sangat vital dalam memerangi peredaran narkoba," pungkasnya.