Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selama 38 Tahun, Kris Biantoro Idap Penyakit Ginjal
Oleh : Dodo
Sabtu | 04-06-2011 | 10:56 WIB
KB.gif Honda-Batam

Idap Ginjal - Aktor dan presenter senior. Kris Biantoro terbaring lemah di RS. Tebet Jakarta akibat penyakit ginjal yang telah diidapnya selama 38 tahun. (Foto: Istimewa).

Jakarta, batamtoday - Aktor senior Kris Biantoro terbaring lemas di rumah sakit akibat penyakit ginjal. Ternyata, bintang film Kuda-Kuda Binal itu sudah 38 tahun mengidap penyakit ginjal.

"Orang akan tidak pernah percaya bahwa saya telah mengidap penyakit ini selama 38 tahun. Dari 1972 sudah ada gejala tidak baik dalam ginjal saya," ungkapnya di RS Tebet, Jalan MT Haryono, Jakarta, seperti dikutip dari okezone, Sabtu, 4 Juni 2011.

Diakui presenter senior itu, penyakit ginjal yang diidapnya akibat kesalahan dalam menjalani hidup. Pola hidup yang tidak teratur itu membuat separuh hidup Kris dilalui dengan penyakit ginjal menggerogoti tubuhnya.

"Waktu kita jaya kita lupa. Pendekar naik dan turun dan itu hukum alam dan ternyata yang buat itu diri sendiri. Jaman dulu kerjaan saya banyak, radio, satu hari tidurnya cuma 4 jam dan itu kalau dijemput. Belum saya ke night club," sesalnya.

Selama 38 tahun menderita penyakit ginjal, Kris mengaku tak pernah merasakan sakit lebih dari tiga hari. Namun, sebelum akhirnya dirawat sejak dua hari lalu, Kris sempat terjatuh di kamar mandi rumahnya.

"Perubahannya kaki saya jadi bengkak, nafas terengah-engah. Tapi semua saya lawan. Saya jalan pakai tongkat dan saya kepeleset di kamar mandi lalu saya dibawah ke rumah sakit. Saya masih merasa tidak sakit dan itu yang saya rasakan selama 38 tahun ini," paparnya.

Sementara itu, Maria Nguyen Kim Dung, istri Kris mengatakan akibat penyakit ginjal yang dideritanya, suaminya harus menjalani cuci darah selama dua tahun terakhir.

"Sudah dua tahun ini cuci darah seminggu dua kali. Sebelumnya hanya minum obat saja," ujar Kim.

Wanita asal Vietnam itu menceritakan perjuangan Kris selama 38 tahun mengidap penyakit ginjal. Menurutnya, Kris sangat punya semangat hidup yang tinggi.

"Om itu semangatnya besar. Kalau dia enggak punya semangat pasti enggak akan mungkin bisa bertahan sampai 38 tahun," ucapnya.

Meski punya semangat hidup yang besar namun rasa ketakutan untuk tidak bisa mendapatkan donor guna transplantasi ginjal selalu menghampiri pria kelahiran 1938 tersebut.

"Sebenarnya masih tapi karena om sudah takut sama yang dulu di Guang Zhou karena gagal (tidak mendapatkan donor). Maka dari itu om enggak mau dioperasi," jelasnya.