Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penderita ISPA dan Hipertensi Dominasi Pasien di Puskesmas Seijang
Oleh : Habibi
Selasa | 05-08-2014 | 08:16 WIB
paseien_puskesmas_seijang1.jpg Honda-Batam
Ratusan warga yang mengantre berobat di Puskesmas Seijang. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Penderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan hipertensi mendominasi pasien yang berobat ke Puskesmas Seijang. Sementara pasien penyakit lainnya relatif sedikit.

"Memang penyakit jenis lain juga ada, tapi tak sebanyak penyakit jenis ISPA. Selain ISPA, ada juga jenis penyakit yang tergolong tinggi khusus di wilayah Seijang ini, yakni hipertensi," ujar Dewi Adriani, Kepala Puskesmas Seijang, Senin (4/8/2014).

Dia merinci, berdasarkan data dari Desember 2013 hingga saat ini, penyakit ISPA, seperti flu, pilek, batuk, dan sesak nafas, paling banyak diderita warta. "Sejak Desember 2013, ada sekitar 12.577 kasus," terangnya.

Dia mengimbau warga agar lebih menjaga pola makan. Apalagi pada suasana Lebaran saat ini, dia mengharapkan warga tidak tepancing dengan berbagai makanan yang ada di rumah.

"Konsumsi makanan seperlunya, dan tak kalah pentingnya ingat sakit kita. Sebab, nafsu makan ketika puasa kemarin kebanyakkan 'balas dendam'. Padahal makanan tersebut tidak bisa kita konsumsikan. Alhasil kita malah tambah sakit," jelasnya. (*)

Editor: Roelan