Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Balawan Berkolaborasi dengan Makana

Berhasil Memukau Pengunjung Tong Tong Fair 2011
Oleh : redaksi/gokli
Jum'at | 03-06-2011 | 20:19 WIB
balawan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Balawan Gitaris asal Bali, Indonesia

Den Haag, batamtoday - Gitaris asal Bali, Balawan, berkolaborasi dengan gitaris asal Hawai, Makana. Kedua seniman ini tampil di Theater Bintang, mereka berhasil memukau pengunjung Tong Tong Fair 2011, yang berlangsung di Malieveld, Den Haag, Belanda, Kamis, 2 Juni 2011.

"Saya sangat senang bisa berkolaborasi dengan Balawan," ujar Makana seusai tampil bersama Balawan.

Hal yang sama juga disampaikan seniman Indonesia Balawan yang memuji penampilan Makana yang tampil dengan busana jas warna putih yang dipadukan dengan pantalon putih serta dilengkapi dengan kalung warna putih. "Asyik asyik saja bisa main sama Makana yang ternyata kami bisa nyambung dan saling mengisi," ujar Balawan yang meskipun baru pertama kali bertemu dengan Makana .

Kedua gitaris ini sama-sama memiliki insting yang sangat kuat, sehinga mereka bisa saling mengisi. Makana, gitaris kontemporer yang paling terkenal di Hawai dianugerahi musisi Tong Tong Festival pada tahun lalu, sementara itu, Balawan yang tampil untuk ketiga kalinya di Tong Tong Fair menampilkan ansambel Bali yang menjadi  bagian dari proyek alur music dunia dari Indonesia.

Pada saat itu juga, istri Balawan, I Gusti Ayu Kamaratih pun ikut tampil dengan melantunkan lagu keroncong Bengawan Solo yang dibawakannya dengan penuh penghayatan.

Musisi kelahiran Bali, 9 September 1973 ini memadukan musik tradisional gamelan Bali dengan moderen jazz, yang menghasilkan musik jazz. Ia memainkan gitar Virtuoso berleher ganda, dengan cara yang tidak biasa, dia hanya menekan-nekan senar gitarnya yang membuat para pengunjung merasa kagum.