Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Kisah Pemuda Terjun Bebas di Jembatan Barela

Tim SAR Masih Cari Jasad Arsenius
Oleh : Hendra Zaimi
Jum'at | 03-06-2011 | 08:57 WIB
jembatan-barelang.jpg Honda-Batam

Terjun Bebas - Jembatan Barelang ikon wisata masyarakat Batam yang akhir-akhir ini sering dijadikan warga untuk mengakhiri hidup

Batam, batamtoday - Tim SAR Satuan Pol Air Kepolisian Resor Kota Batam, Rempang dan Galang (Barelang) masih terus melakukan pencarian jasad korban Arsenius Lase (19), pemuda yang nekat melompat dari atas jembatan I Barelang, Kamis, 2 Juni 2011. Pencarian pada hari pertama kemarin masih sebatas pencarian dengan menyisiran di lokasi yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Demikian dikatan oleh Kasat Pol Air Polresta Barelang, Kompol Teguh Wibowo melalui Kanit Gakum, Iptu Suranto kepada batamtoday, Jumat, 3 Juni 2011.

"Pagi ini kita mulai lagi pencarian dengan menerjunkan tim SAR untuk melakukan penyelaman di lokasi kejadian," kata Suranto.

Suranto menambahkan, pihaknya kemarin baru mendapatkan informasi bahwa ada lagi pemuda yang terjun bebas di Jembatan Barelang pada pukul 16.00 WIB, mendapatkan informasi itu Satpolair lanngsung mengerahkan anggota ke lokasi kejadian namun karena hari sudah sore pencarian hanya dilakukan dengan melakukan penyisiran di lokasi.

""Sesuai prosedur dan efektifitas keselamatan anggota Tim SAR kemarin hanya dilakukan pencarian dengan penyisiran dengan menggunakan kapal di lokasi," terangnya.

Proses pencarian harus sesuai prosedur, lanjut Suranto, kami tidak ingin terjadi sesuatu yang tidak diinginkan mengingat kemarin waktunya singkat karena hari sudah mulai gelap.

Pencarian pada hari kedua ini dilakukan dengan menerjunkan enam orang penyelam dari tim SAR Satuan Pol Air Polresta Barelang dengan bantuan dari masyarakat sekitar. Petugas juga berharap pencarian dapat mendapatkan hasil.

Arsenius Lase (19) adalah kisah kedua dari pemuda yang melakukan perbuatan nekad dengan terjun bebas dari Jembatan Barelang yang meruapakan ikon wisata masyarakat Batam. Menurut informasi di lapangan, sebelum melakukan perbuatan nekad itu korban bersama anggota keluarga sebelumnya mengisi waktu libur ke Pantai kampung, Barelang.

Namun karena hujan, mereka memutuskan untuk kembali dan berhenti sejenak di Jembatan I Barelang, dan entah kenapa korban yang saat itu yang masih bertelanjang dada tiba-tiba langsung terjun bebas dari tengah jembatan dan sebelumnya sempat melakukan pemanasan sebelum melompat.

Sebelumnya, pada senin, 30 Mei 2011 sekitar pukul 19.30 WIB, Edi Suhendra (23), warga Galang yang sehari-hari bekerja di dapur arang, memilih terjun bebas dari jembatan lima Barelang karena bertengkar dengan pacarnya Ervina.

aksi nekad itu berawal saat sepasang kekasih yang sedang mengisi waktu ruang dengan jalan-jalan ke jembatan lima Barelang. Sedang asik pacaran, tiba-tiba ada pesan singkat yang masuk ke handphone Ervina, yang membuat Edi curiga.

Saat ditanyakan ke sang pacar, tidak mendapat jawaban yang memuaskan. Dia berang hingga terjadi pertengkaran. Edi yang merasa cemburu tidak bisa mengendalikan dirinya, dan langsung terjun bebas dari jembatan. Aksi tersebut sempat dicegah oleh kekasihnya namun terlambat, dia keburu melompat.

Setelah tiga hari melakukan pencarian akhirnya tim SAR dari Satuan Pol Air Polresta Barelang akhirnya berhasil menemukan jasad Edi Suhendra (23), warga Galang yang terjun bebas di Jembatan V Barelang, Rabu, 1 Juni 2011 sekitar pukul 10.30 WIB. Jasad korban ditemukan dalam keadaan tertelungkup sekitar 50 meter dari lokasi kejadian arah ke Pulau Panjang.