Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternyata Alzheimer Bisa Dicegah Sepertiganya
Oleh : Redaksi
Kamis | 17-07-2014 | 08:07 WIB

BATAMTODAY.COM - SATU dari tiga kasus penyakit Alzheimer di dunia bisa dicegah, demikian hasil penelitian Universitas Cambridge, Inggris. Hal-hal yang paling meningkatkan risiko terkena penyakit ini adalah kurang bergerak, merokok, depresi dan tingkat pendidikan yang rendah.

Penelitian yang dilakukan sebelumnya pada tahun 2011 memperkirakan angkanya adalah satu dari dua kasus, tetapi kajian baru ini memasukkan berbagai faktor risiko yang tumpang-tindih. Penelitian Alzheimer Inggris mengatakan umur masih tetap faktor risiko terbesar.

Lewat tulisan di The Lancet Neurology, tim dari Cambridge menganalisis data dari populasi untuk mengkaji tujuh faktor risiko penyakit Alzheimer, yaitu:
- Diabetes
- Tekanan darah tinggi usia pertengahan
- Kegemukan pada usia pertengahan
- Tidak bergerak secara fisik
- Depresi
- Merokok
- Rendah tingkat pendidikan

Tim peneliti menyimpulkan sepertiga kasus Alzheimer yang dikaitkan dengan faktor gaya hidup dapat direkayasa seperti kurang bergerak dan merokok.

Prof Carol Brayne dari Universitas Cambridge mengatakan, "Hanya dengan lebih banyak bergerak, misalnya, dapat mengurangi tingkat kegemukan, tekanan darah tinggi, diabetes, dan mencegah munculnya dementia pada sejumlah orang." (*)

Sumber: BBC