Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Karimun Gelar Bazar Sembako Murah di Tiga Kecamatan selama Sepekan
Oleh : Khoiruddin Nasution
Sabtu | 12-07-2014 | 10:37 WIB
Wabup_buka_bazar_sembako.jpg Honda-Batam
Wabup Aunur Rafiq membuka pasar murah sembako di Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun menggelar bazar sembako murah di tiga kecamatan selama enam hari.

Kegiatan ini selain memberi kesempatan kepada warga untuk mendapatkan kebutuhan sembako murah selama Ramadhan dan Lebaran, juga untuk untuk mewujudkan sektor koperasi, UKM, industri dan perdagangan sebagai salah satu penggerak perekonomian daerah.

Selain itu, bazar yang digelar di Kecamatan Karimun, Moro dan Kundur itu juga untuk mewujudkan daerah yang maju, mandiri, adil dan berbudaya berdasarkan iman dan taqwa tahun 2025 mendatang.

Secara simbolis, bazar sembako murah yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian Perdagangan (Diskop, UKM dan Perindag) Kabupaten Karimun itu dibuka Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq pada Jumat (11/7/2014) sekitar pukul 10.30 WIB di depan Grapari Telkomsel Jalan Jend Ahamd Yani (Kolong) Kelurahan Seilakam Barat, Kecamatan Karimun. Bazar tersebut dibuka dari pukul delapan pagi hingga pukul empat sore.

"Bazar ini selain sebagai ajang untuk memberikan kemudahan dan keringan dalam kebutuhan sembako, juga membantu pelaku IKM dalam memasarkan hasil produknya," ujar Aunur Rafiq dalam sambutannya.

Rafiq meminta kepada masyarakat untuk tertib dan teratur saat berbelanja di bazar sembako murah tersebut. "Jangan gara-gara harga barangnya murah malah rebut-rebutan. Jangan khawatir, bazar sembako murah ini beroperasi selama enam hari. Jadi, masyarakat yang belum dapat membeli hari ini, bisa untuk datang besok dan merasakan barang sembako dengan harga lebih murah dari pasaran," imbaunya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Kabupaten Karimun, Muhd Isa, menyampaikan, peserta yang mengikuti bazar sembako murah khusus di Pulau Karimun Besar berjumlah 22 peserta, terdiri dari 14 distributor penjual sembako dan 8 kelompok pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang menjual beragam kue kering.

"Kegiatan ini untuk mewujudkan sektor Koperasi, UKM, Industri dan Perdagangan sebagai salah satu penggerak perekonomian daerah. Kemudian mewujudkan daerah yang maju, mandiri, adil dan berbudaya  berdasarkan iman dan taqwa tahun 2025," katanya.

Usai pemotongan pita, sebagai  tanda dibukanya bazar sembako murah jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2014 ini, Aunur membagikan 50 paket semabako secara gratis.

Dari data yang diperoleh, kacang tanah di bazar dihargai Rp15.000 per kilogram, sedangkan harga di pasaran Rp18.000 per kg. Kemdian gula pasir Rp8.000 per kg sedangkan di pasaran Rp12.000 per kg. Kacang kupas dijual seharga Rp23.000 per kg sementara di pasar dijual dengan harga Rp26.000 per kg.

Begitu juga dengan minyak goreng merek "Fortune" untuk semua ukuran, perbedaan harga mencapai Rp2.000 per kg. Sementara saja beras ketupat dengan berat 20 kg, dijual seharga Rp220.000 per karung, sedangkan di pasar seharaga Rp250.000 per karung.

Sedangkan telur ayam dijual seharga Rp31.000 per papan sedangkan di pasar dijual seharga Rp34.000 per papan. Adapun tepung gandum merek "Falcon" dijual seharga Rp7.000 sedangkan di pasar dijual seharga Rp9.000. (*)

Editor: Roelan